Jumat, 29 Agustus 2014

Once Upon a Time in Batu...

Biarpun agak telat, kami sekeluarga menghaturkan: 

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H
Taqabbalallahu minna wa minkum
Mohon maaf lahir batin atas segala khilaf...

Alhamdulillah, bisa ngisi blog lagi setelah kemaren sempet off dalam rangka permudikan ke kampung halaman... Semarang-Jakarta-Malang-Semarang 
Dan wiken kemaren dilanjod: Semarang-Magelang-Yogyakarta-Magelang-Semarang

Selaen silaturrahim ke orang tua dan sodara, tentunya acara pulang kampung diisi dengan wisata kuliner plus jalan-jalan hehehehe
Dan efeknya sudah dapat diduga, surplus berat badan dah nyampe 3 kilogram sodara2!!! wkwkwk 
Ah sudahlah... kali ini aku mo crita dikit tentang jalan2nya...

Ada yang belom pernah ke Jatim Park 1 dan 2 yang di Batu, Jawa Timur???
Kalo belom, mungkin bisa dijadwalkan liburan ke sana bareng keluarga...
Aku sendiri belom ngunjungin semua wahana didalamnya... Baru sempet nengokin Batu Secret Zoo, Museum Angkut, ama Batu Night Spectacular..

Naaaah, pas ke Malang kmaren, alhamdulillah kita bisa maen ke Eco Green Park... (slanjodnya aku singkat EGP aja ya)
EGP ini masih masuk kawasan Jatim Park 2... Isinya kaya kebun binatang tapi wa bil khusus lebih banyak koleksi burungnya. Plus beberapa koleksi yang kaitannya ama ekologi. Seperti daur ulang sampah, pembuatan kompos, pemrosesan bio gas dll.  Intinya jadi banyak belajar dan belajar banyak, dan yang terpenting juga keluarga happy ^^ 

Kalo mo koleksi binatang yang lengkap dari pisces, amfibi, reptil, aves ampe mamalia ya mending ke Batu Secret Zoo...

...beraneka kupu-kupu...
cantik kan...?
...capung pun bentuknya macem-macem...

ngasi makan merak albino... per porsi makanannya dijual 5 ribu rupiah...


Berminat? Harga tiket masuk Rp.40.000,00 untuk weekdays, klo weekend dan liburan diitung Rp.60.000,00. Alamatnya di Jl. Oro-oro Ombo Nomor 9 A, Batu.


Masukin ke list liburan slanjodnya yaaaaaa...
Semoga manpaat ^^

Kamis, 24 Juli 2014

Kaastengel


Yak, postingan terakhir sebelum mudik...

Selaen nastar, cookies laen yang terlanjur ngetop adalah kaastengel alias batang keju...
Taun-taun sebelumnya aku selalu make resep yang ini
Tapi taun ini, aku nyoba resepnya NCC yang pastinya lebih ngeju lagiiiiiiii ^^
Para pecinta keju musti nyobain deh...

Kaastengel
source: Fatmah Bahalwan-NCC

Bahan:
300 gr  mentega *iing pake 150 gr butter + 150 gr margarin*
200 gr  keju tua parut / keju edam
400 gr  tepung terigu protein sedang *iing pake terigu protein rendah*
2 sdm   susu bubuk
2 btr     kuning telur

Bahan olesan:
3 btr     kuning telur, kocok lepas dengan 1-2 sdm susu cair

Taburan:
Keju cheddar parut

Cara membuat:
  1. Kocok mentega dan telur dengan kecepatan rendah, sebentar saja, asal tercampur rata. Masukkan keju, aduk rata. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata.
  2. Tipiskan adonan dengan bantuan plastik lembaran, potong dengan bantuan penggaris (untuk memperoleh ukuran yang sama), potong-potong.
  3. Oles dengan bahan polesan, taburi keju cheddar parut.
  4. Oven hingga matang dengan suhu 125 derajat Celsius selama 20 menit atau hingga matang.
....sarannya mba Joe: pake penggaris, untuk mendapatkan panjang kaastengel yang sama... baru potong2...
Catetanku:
  1. Sebaiknya sebelum digiling, samping-samping adonan diberi loyang yang dibalik atau kayu, untuk jadi pengganjal roller pin... Intinya biar nanti ketebelan kaastengel-nya sama...
  2. Aku kemaren pake ketebelan 1 cm untuk kaastengelnya dan ngovennya pake otang alias oven tangkring. Naah dengan ukuran setebal 1 cm, aku kesulitan bgt untuk mematangkan kaastengelku... Mungkin oven ku aja yang rada riwil... Kapan-kapan aku mo bikin yang lebih tipis aja.... 

Rasa kejunya....mantap surantap!!!
Asli keju....
Cuma kalo buat dijual, ga tau deh setoples berani ngasi banderol berapa?
Ah sudahlah, buat yang mo jualan silakan diitung dulu dengan seksama yaaaaaa...
*nyam nyaaaam*

Selamat mencoba ^^

Rabu, 23 Juli 2014

Lidah Kucing


Setelah bikin aneka cookies, pasti banyak putih telur yang tersisa kan?
Endingnya putih telur biasanya klo ga diublek jadi  lidah kucing ya dimasak jadi sambel goreng hehehehe

Bagi yang pingin nyoba bikin lidah kucing, aku dah beberapa kali pake resep ini ,dan sukses!!!
Makasih teh Ricke untuk sharingnya.....

Lidah Kucing
source: Just my Ordinary Kitchen

Bahan:

125 gram butter
125 gram margarin
160 gram gula halus *iing pake 130 gr*
1 sdt vanilla *iing ga pake*
100 ml putih telur, suhu ruang
200 gram terigu protein sedang *iing pake protein rendah*
50 gram maizena
pasta pandan / pewarna secukupnya

Cara membuat:

1. Panaskan oven suhu 140-150'C. Siapkan loyang lidah kucing dan oles tipis dengan margarin. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu dan maizena. Sisihkan.
3. Kocok putih telur hingga mengembang sempurna, sisihkan.
4. Kocok butter, margarin dan gula halus sampai mengembang dan putih. Masukkan vanilla, kocok rata. Masukkan kocokan putih telur, kocok rata.
4. Masukkan campuran terigu dan maizena, kocok rata dengan kecepatan rendah hingga rata dan lembut.
5. Tambahkan essence atau pewarna jika suka. Masukkan ke kantong segitiga (piping bag).
6. Semprotkan ke loyang, satu cookies 2 warna atau sesuai selera. Lakukan sampai adonan habis.
7. Panggang dalam oven hingga matang dan kering. Angkat dan dinginkan. Simpan segera dalam wadah kedap udara.

...yang ijo aku kasi pasta pandan, yang kuning warna asli adonan...

Catetanku:
  1. Aku lebih suka tekstur yang kressss jadinya aku ngovennya sampe tepi lidah kucing kecoklatan
  2. Kalo mo variasi rasa, tinggal tambahkan essence... klo mo variasi warna, tinggal beri pewarna makanan...
  3. Waktu pengovenan lebih singkat dari cookies laen, mungkin karena tipisnya yaa, jadi awas gosong...
Alhamdulillah suami dan anak2 seneng bgt...
renyah dan manisnya pas...
selamat mencoba yaaaa ^^

Corn Flakes Kaastengel


Punya keju edam,  tapi jumlahnya ga cukup buat bikin kaastengel?
campur aja pake corn flakes... Unik juga loh rasanya...
Tetep ngeju plus tambah bonus kriuk...
Penasaran? ^^

Aslinya cookies ini menggunakan peterseli cincang...
Tapi karena aku ga pake, judulnya jadi Corn Flakes Kaastengel aja ^^

Corn Flakes Kaastengel
source: Fatmah Bahalwan-NCC

Bahan:
100 gr        corn flakes, blender kasar *iing tumbuk kasar*
200 gr        mentega *iing pake 100 gr butter + 100 gr margarin*
2 btr           kuning telur
1 btr           putih telur
80 gr          keju edam, parut
1 sdm         peterseli, cincang *iing ga pake*
120 gr        tepung terigu *iing pake terigu protein rendah*
15 gr          susu bubuk full cream
½ sdt          baking powder
2 btr           kuning telur untuk polesan *iing ga pake*
Keju cheddar potong untuk hiasan *iing ga pake*
 
Cara membuatnya:
  1.  Kocok mentega hingga pucat, masukkan telur, kocok sebentar. Tambahkan baking powder, kocok sebentar, masukkan keju edam, aduk rata. Tuang corn flakes secara bertahap, aduk rata.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  3. Bulatkan adonan sebesar kelereng. Kemudian tekan dengan ujung garpu...
  4. Panggang dalam oven hingga matang lebih kurang 30 menit pada suhu 150 derajat Celsius.
 
...kriuk kriuk...
...perpaduan unik antara keju dan corn flakes...
Dicoba yuuuuuuuuuk...?^^

Kamis, 17 Juli 2014

Watermelon Cookies


Bosen dengan isian toples yang itu-itu aja....?  *intonasi ala iklan di tipi*
Jika anda punya semangat dan daya juang 45, suka warna warna ceria, suka bentuk cookies yang ga sejuta umat, suka gulung menggulung dan batre mood anda baru dicharge... maka cobalah untuk mengublek kue kering yang sempet ngeksis beberapa taun lalu: Watermelon Cookies....!!! hehehehe

Kue kering sederhana sebenernya, tapi mbikinnya musti lewat beberapa tahapan...  
*tarik napas panjaaaaaaaaaaaang, lepaskaaaan*

Untuk resepnya aku pake dari NCC. Monggo silakan diliat detilnya... Btw, jangan lupa tetep napas yaa ^^

Watermelon Cookies
by:  Fatmah Bahalwan

Bahan:
300 gr        mentega/margarin *iing pake 150 gr butter + 150 gr margarin*
225 gr        gula bubuk
50 ml          whipping cream
1 sdt          vanilla pasta *iing ga pake*
3 btr          kuning telur
2sdt           essence melon *iing pake esens leci*
½ sdt         garam
1 butir putih telur, kocok lepas (untuk olesan)

Cara membuat:
  1. Kocok semua bahan hingga lembut dan rata, lalu bagi menjadi 3:
    1/3 bagian diberi:
    -175 gr       tepung terigu
    - 50 gr        almond bubuk
    - 10 gr        tepung maizena
    - 20 gr        susu bubuk fullcream
    - 1 sdm       wijen hitam yg sudah di sangrai
    -  pewarna merah secukupnya
    Aduk rata adonan ini, bagi 4 atau 2 bagian. Bulatkan membentuk silinder, bungkus dengan plastik atau kertas roti, bekukan dalam freezer.
    1/3 bagian diberi:
    - 175 gr         tepung terigu
    - 20 gr           tepung maizena
    - 20 gr           susu bubuk fullcream
    -  pewarna kuning secukupnya *iing ga pake pewarna kuning*

    1/3 bagian lagi diberi:
    - 175 gr      tepung terigu
    - 20 gr        tepung maizena
    - 20 gr        susu bubuk fullcream
    - pewarna hijau secukupnya
  2. Sementara menunggu adonan merah mengeras, gilas adonan kuning setebal lebih kurang 2 mm. Ukur panjang dan lingkar adonan merah, jadikan patokan untuk adonan kuning.  Olesi adonan kuning dengan putih telur, lalu bungkus adonan merah dengan adonan kuning, bekukan lagi. Lakukan hal yang sama dengan adonan hijau, bungkus adonan dengah adonan hijau, bekukan.
  3. Setelah adonan beku, belah menjadi dua bagian melintang, potong tipis 3 mm. Oven hingga matang, lebih kurang 20 menit dengan suhu 130 derajat Celsius.
...maap potonya gelap pemirsah... yang warna item2 itu, wijen yang sudah disangrai 





si bontot yang rajin mbantuin ibunya ^^
...sebelum digulung dengan lapisan terakhir, yang warna ijo...

Catetanku:
  1. Untuk kue kering, aku selalu menggunakan terigu protein rendah untuk menghasilkan kue kering yang renyah...
  2. Penggunaan pewarna makanan disesuaikan dengan selera... Klo aku lebih suka warna yang soft.. Meskipun akhirnya cookies ku lebih mirip irisan jambu biji daripada irisan semangka hehehehe  
  3. Adonannya lembek banget... makanya proses pembekuan lumayan ngebantu biar mudah menggulungnya... 
  4. Tahapan paling kritis yang menentukan cookies ini cantik ato tidak, terletak pada proses nggulungnya... Dan sementara ini, aku cukup bisa menerima hasil gulunganku yang acak adul ^^
lucu yaaa... kaya biji semangka bneran warnanya item-item... 


Selamat mencoba yaaaaa...^^