Senin, 29 Desember 2014

Puding Marmer Roti Tawar


Postingan trakhir di akhir tahun 2014...^^
Seperti biasa, masih pemberdayaan 'sisa makanan'... 
kali ini pake roti tawar 3 lembar, yang teronggok di meja makan, gag laku2... 
Resepnya nyontek dari blognya mba Nina, dan rupanya bliou terinspirasi dari postingannya Ummu Fatima
(buat2 mba2 hebat nan kreatip ini, makasih ya sharingnya ^^)

Puding Marmer Roti Tawar
source : Catatan Nina

Bahan:
  1. 1 bungkus agar-agar, plain (7 gr) 
  2. 3 lembar roti tawar, potong hinga kecil-kecil
  3. 300 ml susu cair
  4. 400 ml air
  5. 130 gr gula pasir (atau sesuaikan dengan selera)
  6. 1 sdt vanilla
  7. 1 sdm coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta
Cara membuat:
  1. Blender roti tawar dengan air dan susu cair, hingga lembut. Tuang ke dalam panci.
  2. Tambahkan agar-agar, gula pasir. Aduk hingga merata.   
  3. Masak di atas kompor, dengan panas sedang sambil terus diaduk hingga mendidih.
  4. Matikan kompor, tambahkan vanilla. Aduk hingga rata.
  5. Ambil sekitar 2 sendok sayur adonan, tambahkan campuran cokelat, aduk hingga rata.
  6. Secara bergantian tuangkan adonan putih dan cokelat ke dalam cetakan agar yang telah dibasahi air matang. Jangan lupa buat motif marmer dengan menggunakan sumpit.
  7. Tunggu hingga puding mengeras, masukkan kulkas. Hidangkan dingin dalam bentuk potongan.
Catetanku:
  1. Klo mo bikin motif cokelat yang lebih tebal, jumlah adonan yang diberi coklat ditambahin aja...
  2. Coklat bubuk bisa juga diganti dengan pasta coklat, pasta pandan, pasta ubi . Sesuaikan dengan selera...
  3. Tekstur pudingnya lebih padat daripada puding biasa, mirip puding kentang gitu... Dan karena penggunaan roti tawar, pudingnya jadi ada aroma-aroma ragi...Biarpun gag terlalu kentara seeh (mungkin kebantu ama pemakaian vanilla)
e
aku suka motifnya, unik ^^

penampakan setelah dipotong... kliatan motif marmernya meski tipis ^^

Tertarik untuk mraktekin bikin puding ini pas liburan akhir taun???
Ditunggu reviewnya yaaa...^^

Rabu, 24 Desember 2014

Spaghetti



Daripada ga ada aplotan, maka makanan instant pun masuk postingan *krukupan wajan*
Ini sebenernya cuma spaghetti biasa, yang tinggal direbus dalam air yang telah mendidih plus ditambahin sedikit garam dan minyak sayur agar tidak melekat satu sama lain...
Sausnya pun aku pake bolognaise yang udah kemasan....*wkwkwkwk cuma nambahin sedikit potongan bombay plus sosis*
Ah sudahlah... ini postingan yg kurang mutu memang, termasuk potonya yang ampun dah hew3x
Akirnya slamat liburan semuanya... selamat berelaksasi bersama kluarga tercinta ^^


...boleh dicampur daging cincang, bisa juga diparutin keju cheddar...


naaah, klo yang ini hasil tas rajut pertamaku...
alhamdulillah, pokoke jadi.. gag ngarep banyak, newbie gitu looh
3-4 bulan mbikinnya  (termasuk beberapa minggu off, termasuk 3 minggu nginep di tukang pasang furing)
*wew pegelnya tuh disinih: tunjuk leher* 


Owiyah skalian mo share kabar bahagia niy...
Alhamdulillah, Jumat kmaren kami dimudahkan menjalankan kewajiban khitan atas putra sulung kami: Ihsan...
Gag mbikin acara seh, cuma kumpul2 kluarga ama temen satu seksi...
Akhirnya, smoga Allah memberikan segala kebaikan dunia dan akhirat untukmu ya nak...
Aamin...

Kamis, 18 Desember 2014

Wedang Tahu



Dah masuk pertengahan Desember, anak-anak dah kelar ujiannya, maka atmosfer yang kerasa adalah....libur hehehe *backsound: Libur Telah Tiba-nya Tasya*

Buat yang masih ada amanah kerjaan yang belum kelar tahun ini, semoga dimudahkan yaaa...
Dan bagi yang tanggungannya dah beres, dah bisa mule nyusun target untuk tahun depan... ^^ *jiaaaaaaah

Btw, postingan kali ini adalah Wedang Tahu...
Minuman hangat berbahan dasar sari kedelai dengan kuah jahe... 
Tapi kali ini aku mbikin yang versi abal-abalnya, karena memakai agar-agar plus susu kedelai untuk untuk mbikin lapisan tahunya... 

Kebetulan sepulang dari Ungaran akhir bulan lalu, aku ma temen2 mampir beli tahu YunYi plus susu kedelai. Malemnya aku nyobain mbikin wedang tahu ini... Mo nyobain?

Wedang Tahu
source: Diah Didi's Kitchen *dengan modif*

Bahan:
  1. 600 ml susu kedelai
  2. 400 ml air
  3. 1 bungkus agar2 bubuk warna putih
  4. 1/4 sdt garam
  5. 1 lembar daun pandan, bikin simpul
Bahan kuah:
  1. 100 gr gula merah, sisir halus 
  2. Daun pandan 2 lembar, bikin simpul
  3. 25 gr jahe emprit, bakar kemudian geprek
  4. 500 ml air
  5. 1/4 sdt garam
Cara membuat:
  1. Campurkan susu kedelai, air, agar-agar, garam dan pandan. Rebus dengan menggunakan api sedang. Jangan lupa, untuk terus diaduk yaa... Jaga jangan sampai pecah... Bekukan dalam wadah. Setelah beku, sendokin tipis2 pake sendok
  2. Bahan kuah: campurkan semua bahan. Rebus hingga mendidih. Saring.
  3. Wedang tahu siap dihidangkan dengan kuah jahe...
    *sluuuuuuuuuuuurp*
 

Catetan:
  1. menurutku lapisan tahunya terlalu keras, sedikit kurang lembut. Klo mo nyoba mending tambahin lagi susu kedelai/air sekitar 100-150ml
  2. Untuk kuah jahenya, menurutku dah pas. Ga terlalu pedes, anak2 masih bisa tahan... Tapi klo mo yang lebih mantap, tambahin aja jahe kepreknya
  3. Jahe harus dibakar ya sodara2, biar gag langu *pesen nenek*
  4. Dan jahe yang dipake yang jenis jahe emprit ato jahe jawa, lebih pedes gituuuu (drpada jahe gajah

..teksturnya masih sedikit kurang lembut...

..yummy...
 
Buruan bikin sendiri di rumah yuuuuuuuuuuuuuks? ^^

PS: buat adekku si Kulul, makachi ya radionya... really luv it ^^ Kapan dines luar lagi? hehehe

Selasa, 02 Desember 2014

Prol Tape


Alhamdulillah kalo masih bisa ngerasa capek karena padatnya aktivitas sepanjang hari...
Karena di luaran sana, ternyata banyak orang yang ga tau musti ngapain... 
Maka, semoga semua letih itu akan diperhitungkan kelak di hari akhir sebagai amal kebaikan... Aamiin... 
Tetap semangat untuk belajar dan terus memperbaiki diri ya kawan ^^ Dan jangan lupa, selalu perbaiki niat...^^

Sampe juga di bulan terakhir taun masehi: Desember!!!
Di Semarang hampir tiap hari turun hujan, jadi lebih adem, seger... alhamdulillah ^^
Dan postingan kali ini mungkin cocok utntuk dipraktekin pas musim ujan... 
Eh tapi mo dipraktekin pas musim kemarau juga ga bakalan dimarahin satpam ding ^^
That is...Prol Tape!!!

Sedikit berbeda dengan Cake Tape yang udah pernah aku posting di sinih, kalo yang sekarang teksturnya lebih lembut... Karena terigu, telur dkk lainnya hanya bersifat sebagai 'pengikat'. 
Kalo yang cake tape aku ceritakan dulu, lebih padat teksturnya... Monggo kalo ntar mo diperbandingkan...

Setelah blogwalking ke beberapa foodie blogger, akirnya aku milih resep punya mba Hesti. Komposisinya paling oke, menurutku...
Makasih banget yo mba, atas sharingnya...^^

Prol Tape (Keju)
source: Hesti's Kitchen

Bahan:
  1. 300 gr tape singkong, haluskan
  2. 75 gr gula pasir
  3. 1/2 sdt garam
  4. 3 butir telur, kocok lepas *iing pake 3 telur + 1 putih telur*
  5. 70 gr tepung terigu protein sedang
  6. 100 ml susu cair
  7. 50 gr margarin, lelehkan
  8. 1 kuning telur untuk olesan
  9. Keju parut secukupnya untuk taburan
Cara membuat:
  1. Panaskan oven, sekitar 180 derajat.
  2. Remas2 tape, gula dan garam hingga tercampur merata dan larut. Masukkan kocokan telur. Aduk rata.
  3. Tambahkan tepung terigu. Aduk kembali. Tuangkan susu dan margarin leleh. Aduk rata.
  4. Tuang ke loyang 18x18x4 cm yang telah dioles margarin dan dialasi kertas roti. *iing pake loyang brownies, 30x10x4 cm*
  5. Oven 20 menit dengan suhu 180 derajat. Keluarkan dari oven, oles kuning telur, taburi keju parut.
  6. Oven kembali sekitar 30 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk.
  7. Sajikan dalam benuk potongan

                            

Catetanku:
  1. Pastikan kualitas tape,pilih tape yang manis dan dah masak benar...
  2. Resep asli pake telurnya 3, tapi aku tambahin 1 putih telur sisa olesan kuning telurnya, biar bisa kepake dan gag mubadzir.
  3. Resep asli juga make esens almond, tapi aku ga pake, gag punya sih hehehehe

                              

Alhamdulillah, resepnya mantap!!!

Teksturnya lembut, plus rasanya yang tape bingiiiiiiit berpadu dengan gurihnya parutan keju...^^
Tertarik untuk praktek sendiri? ^^



Selamat mencoba ^^

Sabtu, 15 November 2014

Kacang Ijo

Timbang gag di aplot rek... yo mendingan di aplot ae... iso nambah2i postingan ngono lho huehehehe


Haloooo pemirsah... Postingan kali ini cukup sederhana bahkan gag perlu resep, karna dah saking seringnya di ublek di rumah2... This is it: Kacang Ijo!!!

Aku termasuk penggemar kacang ijo garis keras...
Dari jaman anak2 sampe punya anak, aku suka banget ma kacang ijo... 
Cocoklah kacang ijo kunobatkan sebagai minuman terlejat di dunia... *tentunya versi ku loh yaa, bukan versi on the spot yang di tipi itu* 
Mulai dalam bentuk bubur yang kental sampe yang pake santan encer kaya di posyandu2... 
Dan kesukaanku kacang ijo yang ala posyandu hehehehe 
Psssst kata ibuku, aku dulu pernah menang lomba bayi sehat tingkat kelurahan loh hihihi

Klo pas hamil, aku suka minum rebusan kacang ijo pas didihan pertama... 
Jadi bening tanpa santan gitu dan rasanya mirip ama teh...

                         

Tapi kalo yang sering aku bikin di rumah, aku suka yang kacang ijonya sampe pecah2 gitu...
Hehe jangan tanya vitaminnya dah kabur kemanah...

Sedikit catetan tentang kacang ijo dariku:
  1. Setelah di cuci bersih, rendam kacang ijo semaleman agar kacang ijo cepat empuk
  2. Rebus kacang ijo terlebih dahulu dengan daun pandan yang dudah disimpul hingga masak, baru masukkan gula merah dan sedikit garam. Setelah itu baru masukkan santan encer... Masak hingga matang...
  3. Jangan masukin gula garam, klo kacang ijo belum empuk dan air mendidih ya... Gula garam bisa menaikkan titik didih air
  4. Kalo mo yang lebih empuk lagi, ngerebus kacang ijonya bisa pake panci presto ^^
  5. Ada juga yang seneng menambahkan jahe bakar untuk memperkuat aroma. Kalo aku lebih suka versi tanpa jahe.. 

...seger, tapi tetep legit dan gurih...

duo rajin yang juga penggemar kacang ijo...
Selamat berkacang ijo ria ^^