Minggu, 13 April 2014

Sate Telur Puyuh



Seribu langkah yang panjang, pasti diawali sebuah langkah pertama....

Begitu pula dengan penjual soto...
Sebelom belajar bikin soto apalagi pesen gerobak buat jualannya, mendingan kita belajar bikin sate telur puyuhnya duluuuuu *ngooooook*

Sate Telur Puyuh
source: 48 Resep Sup & Soto Yang Nikmat

Bahan:
  1. 30 butir telur puyuh rebus
  2. 2 lembar daun salam
  3. 2 batang serai, ambil putihnya, memarkan
  4. 2 cm lengkuas, memarkan
  5. 1000 ml air
  6. 50 ml kecap manis
  7. 2 sdm gula merah sisir
  8. 1/2 sdt garam
  9. tusukan sate
Bumbu halus:
  1. 8 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 sdt ketumbar
Cara membuat:
  1. Rebus bumbu halus, daun salam, serai,lengkuas dan air sampai mendidih.
  2. Tambahkan kecap manis, gula merah dan garam. Aduk rata.
  3. Masukkan telur puyuh. Masak hingga meresap.
  4. Tusuk dengan tusukan sate.
...ditunggu hingga volume air menyusut...
Ternyata gag sulit kan bikin sate telur puyuh? Mirip ama bikin baceman...
Dicoba yuuuk... Owiyah, kalo ada yang mo bikin soto kudus, silahkeun klik di sinih yaaaaaaaaaaaa ^^
Klo dah sukses semua, monggo klo mo pesen gerobak sotonya hehehe
Selamat mencoba...^^



Rabu, 09 April 2014

Super Fudgy Brownies ala Martha Stewart


Alhamdulillah, kesampean juga mbikin brownies yang beberapa taun lalu sempet ngeksis abis di dunia maya.. ... *tarik napas panjang, lepaskaaaaaaaaan*
Para pecinta brownies pasti dah tau dong betapa kondang gulindangnya resep Super Fudgy Brownies dari budhe Martha Stewart inih... Dengan tekstur sedikit renyah di luar namun lembut legit dan chewy di dalam plus rasanya yang nyoklat bingits, membuat brownies ini akirnya masuk jajaran resep kaporitku *halaaaah*

Dan kabar baiknya lagi, untuk mbikin ni brownies gag perlu pake mixer loh pemirsah...
Cukup pake whisk dan tentunya oven ya, karna ini termasuk keluarga brownies panggang...

Resep aslinya, tentu dari budhe Martha *aih ndaptar2 jadi keponakan*
Dan resep ini sudah dikonversi dalam bentuk gram, diterjemahkan dan tentunya di uji coba oleh Teh Ricke *nuhun ya Teh*


Super Fudgy Brownies
source: Just my Ordinary Kitchen dari Martha Stewart 
  1. 120 gr unsalted butter
  2. 3 butir telur besar
  3. 225 gr dark cooking chocolate, potong-potong
  4. 250 gr gula kastor/gula pasir halus *iing pake 200 gr gula pasir biasa yang diblender*
  5. 130 gr terigu protein sedang
  6. 30 gr coklat bubuk
  7. 1/2 sdt baking powder
  8. 1/2 sdt garam
  9. almond slice / kenari / choco chip / wijen untuk taburan
Cara membuat:

  1. Panaskan oven. Siapkan loyang ukuran 22x22x4 *iing pake ukuran 20x20* Alasi loyang dengan baking paper/kertas roti. Beri lebihan sekitar 3 cm, untuk memudahkan brownies diangkat dari loyang kalo pas dah mateng ntar. *soalnya brownies gag boleh diangkat dari loyang dengan cara dibalik sodara2... Bisa rontok lapisan shiny crust khas brownies panggangnya...*
  2. Campur dan ayak: terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
  3. Lelehkan butter dan dark cooking chocolate, sebaiknya dengan cara ditim di atas air panas. Aduk hingga lembut dan licin. Matikan kompor.
  4. Masukkan gula pasir, aduk hingga rata. Masukkan telur, aduk rata kembali.
  5. Masukkan campuran tepung, aduk kembali, hanya sampai tepung tercampur dan tidak terlihat lagi. Jangan overmix (diaduk berlebihan)
  6. Tuang dalam loyang. Beri bahan taburan. Panggang sekitar 50-60 menit. Lakukan tes tusuk, hingga permukaan lidi bersih. Lakukan pula tes tekan untuk mengetahui kekokohan brownies, terutama bagian tengah. Pada permukaan atas akan terbentuk shiny crust khas brownies panggang.
  7. Keluarkan dari oven. Biarkan brownies tetep dalam loyang hingga 30 menit. Keluarkan brownies dari loyang dengan cara mengangkat kertas roti. Dinginkan di atas rak kawat. Siap dipotong-potong.
...proses melehkan butter dan dark cooking chocolate, yang ditim dalam air panas...
                      
...nyampurin terigu dkk, do not overmix yaaaaaaa ...

...adonan siap untuk dipanggang...

Catetan:
  1. Aku mengurangi ukuran gula dari resep seharusnya. Menurutku 200 gr dah pas manisnya. Monggo klo mo nyoba versi resep asli...
  2. Jika disimpan dalam wadah kedap udara, brownies ini bisa bertahan 2-3 hari..


Bener2 deh, rasa coklat dalam brownies ini sungguh lejaaaaaaaaaat memikaaaaaaaaaat... *cleguk*
Jika anda penggemar brownies, buruan praktik yuuuuuuuuuk...
Well recommended pokoknya..... *promosi tingkat tinggi nih hehehe*
Selamat mencoba...^^

Soto Kudus

Siapa tidak kenal soto?
Hampir semua daerah di Indonesia memiliki soto dengan ke khas-an daerah masing-masing...
Seperti postingan kali ini: Soto Kudus, yang baru aku temui setelah aku tinggal di Semarang...



Soto Kudus sendiri rasanya cenderung light bila dibandingkan dengan jenis soto yang lain. 
Tapi jangan salah, Soto Kudus juga punya penggemar setia loh.. Buktinya banyak warung Soto Kudus di Semarang yang tetap ngeksis dari jaman baheula sampe sekarang...^^ Soto Bangkong dan soto Pak Man langganannya Bu Sri Mulyani bisa jadi termasuk contoh warung soto yang tetep bertahan itu...

Owiyah, untuk resepnya aku contek dari buku 48 Resep Sup & Soto Yang Nikmat dari seri Sedap. Bukunya itu hadiah dari temen kantorku, jeng Ani Setyowati *maturnuwun sanget nggih mbaaaa*
Btw, brati masih ada sisa 47 resep yang jadi PR ku yaaaaaaaa hehehehe *elus pinggang*

Soto Kudus
source:  48 Resep Sup & Soto Yang Nikmat

Bahan:

  1. 1 ekor ayam kampung, potong jadi 4 bagian *iing pake ayam pejantan*
  2. 2000 ml air
  3. 3 lbr daun salam
  4. 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  5. 2 cm jahe, memarkan
  6. 3 1/2 sdt garam
  7. 1/2 sdt merica bubuk
  8. 1/2 sdm gula pasir
  9. 2 sdm minyak, untuk menumis
Bahan bumbu halus:

  1. 8 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 2 cm kunyit,bakar *iing ga pake*
Bahan pelengkap:

  1. 2 sdm bawang putih goreng, remahkan
  2. 150 gr taoge
  3. 2 batang seledri, iris halus
  4. 2 buah jeruk nipis, potong2
  5. 2 sdm kecap manis
  6. perkedel kentang
  7. sate telur puyuh
  8. keripik tempe
Cara membuat:

  1. Rebus ayam dalam air hingga mendidih. Ambil 1.800 ml kaldunya. Didihkan lagi.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam,srai dan jahe hingga harum.
  3. Tuang ke dalamrebusan ayam. Tambahkan garam, merica dan gula pasir. Masak hingga matang.
  4. Angkat ayam. Suwir-suwir. Sisihkan.
  5. Sajikan soto bersama pelengkap dan suwiran ayam.



Catetan:

  1. Dibanding resep soo yang lain, dalam resep ini bumbu yang dipake jenisnya ga terlalu banyak. Lebih simple gitu...
  2. Setauku soto kudus tuh warnanya putih bening, makanya aku skip pemakaian kunyit. Monggo aja klo mongikod resep di atas... Jangan lupa kunyitnya dibakar dulu ya,biar gag langu..
  3. Seperti biasa, kalo untuk masak memasak, aku gag pake ukuran detil. Cukup pake jurus kira2 saja. Yang kutulis di atas adalah versi asli resep dari buku yaaaa..



...harusnya sambelnya versi sambel simple yang cuma cabe, garam dan bawang diulek...
tapi kali ini aku pake sambal tomat versi mateng ^^

Dicoba bikin sendiri di rumah yuuuuuuuk...
Selamat mencoba yaaaaaaaa...^^

Minggu, 06 April 2014

Apem


Alhamdulillah, dua minggu ini kami dah tinggal di rumah sendiri, setelah 6 bulan menjadi kontraktor di gang sebelah...^^ Blom 100% kelar proses renov-nya, tembokpun blom dicat karna nunggu ampe bener2 kering... Tapi ya gimana lagi, daripada duit buat manjangin kontrakan, kan mending buat beli cat dkk hehehe *pasang plang: home sweet home*

Dan postingan ini akan membahas salah satu hasil ublekan di kontrakan yang belom sempet ke-upload, that is apem sodara2...^^ Apem sendiri kalo di Malang, lebih populer sebagai kue yang nongol saat kendurian dan saat Ramadhan mo tiba... Klo misalnya besok dah puasa Ramadhan ni, maka sore gini, almarhum mbah putri dah bikin kue apem buat dibagi ke tetangga2...Dan di meja makanpun berderet-deret kue apem barteran dari tetangga *pesta apem beneeeeeer...*

Owiyah resepnya sendiri, aku dapet dari Dapur Kedai Que *makachi ya mba Ayu* dan mba Ayu dapet dari mba Nina... *makachi juga mba Nina*

Apem
source: Dapur Kedai Que

Bahan:
  1. 200 gr tepung terigu *iing pake protein sedang*
  2. 200 gr tepung beras
  3. 350 gr tape singkong
  4. 300 gr gula pasir
  5. 2 butir telur
  6. 1 sdm ragi instant
  7. 1/2 sdt garam
  8. 400 ml santan *iing pake santan instant yang sudah dicairkan*
  9. *iing tambahin potongan nangka, hibah dari tetangga^^ *
Cara membuat:
  1. Campur tepung terigu dan tepung beras 
  2. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer kecepatan rendah hingga gula larut.
  3. Tambahkan tape dan ragi
  4. Masukkan campuran tepung dan santan secara bergantian, hingga tercampur merata
  5. Diamkan adonan sekitar 30 menit
  6. Panaskan cetakan, untuk awal2 bisa dioleskan sedikit minyak. Untuk pemanggangan slanjodnya, ga usah oles minyak lagi.
  7. Tuangkan adonan dalam cetakan dengan menggunakan sendok sayur. Tambahkan potongan nangka. Panggang hingga matang.



Catetan:
  1. Adonan diistirahatkan selama kurleb 30 menit hingga mengembang, tapi karena ada urusan laen, akirnya adonan kudiamkan selama 3 jam! *apem, maapkan daku yang sok sibuk inih* mengembangkah? so pasti! tapi aku ga tau deh, over fermented gag ya? soalnya aku ngerasa agag terlalu 'asem' gitu... Bisa juga 'keasemannya' tadi disebabkan karena tape singkong yang kupake juga rada asem sih *huikikikik* ^^ Makaaaaaaa, blajar dr pengalamanku: perhatikan baik2 waktu pengistirahatan dan jangan lupa cek kualitas tape singkong yang digunakan... 
  2. Secara umum, tekstur apem ini empuk. Bahkan sampe dingin pun, relatif masih menul2... Seratnya juga cantik...   
  3. Owiyah aku nyetaknya ketipisan, jadi mirip buku LKS jaman esde dulu hehehe. Sekedar saran, agar apem tampil lebih cantik, nyetaknya rada tebel aja yah, biar kaya kamus *apaan sih?*




Alhamdulillah, bisa tambah ilmu meski masih sederhana...
dan akhirnya kesampean juga bikin apem  *dulu mah gag kepikiran bisa ngublek sendiri hehehe*
 selamat mencoba yaaaa...^^

Kamis, 20 Maret 2014

Puding Karang

Halo...halo...ada yang pernah ngekos? 
pastinya dah ahli meracik mie instant pake telur kan yaaaa? *yuuuuk marih kita tossssss*
Naaah postingan kali ini, akan memadukan keahlian masa lalu anda dan saya itu dalam mengublek sebuah puding sederhana, tapi berpenampilan unik hehehe..... 
Diintip yuuuuuuuuuuk....


Puding Karang
source: Sedap Pemula edisi 78/XV/2014

Bahan:
  1. 300 gr gula merah, sisir halus
  2. 1500 ml air
  3. 2 lembar daun pandan
  4. 2 bungkus agar-agar bubuk
  5. 1/2 sdt garam
  6. 2 butir telur, kocok lepas
  7. 75 gr gula pasir
Cara Membuat:
  1. Rebus gula merah, daun pandan dan air sampai gula larut dan harum. Matikan api. Saring. Biarkan dingin.
  2. Tambahkan agar-agar, gula pasr dan garam. Aduk hingga mendidih.
  3. Tuang telur, aduk perlahan hingga membentuk serabut. Biarkan hingga mendidih.
  4. Tuang dalam loyang, dinginkan.
...aku pake loyang 20x20cm...

Catetan:
  1. Untuk membentuk serabut, aku pake saringan saat menuangkan kocokan telur. Mirip2 teknik pas mbikin serabut pada Sup Jagung
  2. Bisa juga kalo mo modif pake santan, tapi jangan terlalu kental ya, ntar serabutnya gag keliatan...
  3. Jika menginginkan puding yang lebih kenyal, bisa ditambahkan sedikit jelly bubuk

...motifnya cantik kan? mirip karang...


Selamat mencoba...^^