Kamis, 17 Juli 2014

Watermelon Cookies


Bosen dengan isian toples yang itu-itu aja....?  *intonasi ala iklan di tipi*
Jika anda punya semangat dan daya juang 45, suka warna warna ceria, suka bentuk cookies yang ga sejuta umat, suka gulung menggulung dan batre mood anda baru dicharge... maka cobalah untuk mengublek kue kering yang sempet ngeksis beberapa taun lalu: Watermelon Cookies....!!! hehehehe

Kue kering sederhana sebenernya, tapi mbikinnya musti lewat beberapa tahapan...  
*tarik napas panjaaaaaaaaaaaang, lepaskaaaan*

Untuk resepnya aku pake dari NCC. Monggo silakan diliat detilnya... Btw, jangan lupa tetep napas yaa ^^

Watermelon Cookies
by:  Fatmah Bahalwan

Bahan:
300 gr        mentega/margarin *iing pake 150 gr butter + 150 gr margarin*
225 gr        gula bubuk
50 ml          whipping cream
1 sdt          vanilla pasta *iing ga pake*
3 btr          kuning telur
2sdt           essence melon *iing pake esens leci*
½ sdt         garam
1 butir putih telur, kocok lepas (untuk olesan)

Cara membuat:
  1. Kocok semua bahan hingga lembut dan rata, lalu bagi menjadi 3:
    1/3 bagian diberi:
    -175 gr       tepung terigu
    - 50 gr        almond bubuk
    - 10 gr        tepung maizena
    - 20 gr        susu bubuk fullcream
    - 1 sdm       wijen hitam yg sudah di sangrai
    -  pewarna merah secukupnya
    Aduk rata adonan ini, bagi 4 atau 2 bagian. Bulatkan membentuk silinder, bungkus dengan plastik atau kertas roti, bekukan dalam freezer.
    1/3 bagian diberi:
    - 175 gr         tepung terigu
    - 20 gr           tepung maizena
    - 20 gr           susu bubuk fullcream
    -  pewarna kuning secukupnya *iing ga pake pewarna kuning*

    1/3 bagian lagi diberi:
    - 175 gr      tepung terigu
    - 20 gr        tepung maizena
    - 20 gr        susu bubuk fullcream
    - pewarna hijau secukupnya
  2. Sementara menunggu adonan merah mengeras, gilas adonan kuning setebal lebih kurang 2 mm. Ukur panjang dan lingkar adonan merah, jadikan patokan untuk adonan kuning.  Olesi adonan kuning dengan putih telur, lalu bungkus adonan merah dengan adonan kuning, bekukan lagi. Lakukan hal yang sama dengan adonan hijau, bungkus adonan dengah adonan hijau, bekukan.
  3. Setelah adonan beku, belah menjadi dua bagian melintang, potong tipis 3 mm. Oven hingga matang, lebih kurang 20 menit dengan suhu 130 derajat Celsius.
...maap potonya gelap pemirsah... yang warna item2 itu, wijen yang sudah disangrai 





si bontot yang rajin mbantuin ibunya ^^
...sebelum digulung dengan lapisan terakhir, yang warna ijo...

Catetanku:
  1. Untuk kue kering, aku selalu menggunakan terigu protein rendah untuk menghasilkan kue kering yang renyah...
  2. Penggunaan pewarna makanan disesuaikan dengan selera... Klo aku lebih suka warna yang soft.. Meskipun akhirnya cookies ku lebih mirip irisan jambu biji daripada irisan semangka hehehehe  
  3. Adonannya lembek banget... makanya proses pembekuan lumayan ngebantu biar mudah menggulungnya... 
  4. Tahapan paling kritis yang menentukan cookies ini cantik ato tidak, terletak pada proses nggulungnya... Dan sementara ini, aku cukup bisa menerima hasil gulunganku yang acak adul ^^
lucu yaaa... kaya biji semangka bneran warnanya item-item... 


Selamat mencoba yaaaaa...^^

Es Lilin Kacang Ijo


Wiken kmaren, di rumah lagi bikin kacang ijo, sengaja bikin banyak sekalian buat dibagi-bagi ke tetangga...
Eh ternyata masih juga bersisa... Akirnya aku masukin ke cetakan es, dan jadilah....tarraaaaaaaaaaaaa: 
Es Lilin Kacang Ijo!!! hehehehe es lilin abal-abal maksudnya... Tapi lumayan buat seger-segeran sepulang tarawih ^^

Adonan kacang ijonya sederhana aja... Persis kaya yang dibagi-bagi di posyandu ^^
Pake santan, gula merah yang disisir plus daun pandan yang dah disimpul... Dah pada ahli kan bikinnya?^^ Begitu gag panas, bisa langsung masuk cetakan dan simpan dalam freezer hingga beku...

Catetanku:
  1. Untuk mempercepat proses masak kacang ijonya, sebaiknya setelah dicuci bersih, kacang ijo direndam semaleman. Baru keesokan paginya dimasak... Pokoknya minimal kacang ijo direndam minimal 4 jam...
  2. Aku lebih suka kacang ijo yang empuk, sampe pada pecah-pecah gitu (ga tau deh vitaminnya dah keburu ngungsi ato blom tuh hehehehe). Klo mo kacang ijo yang empuk, kacang ijo dimasak cuma dengan air dan daun pandan yaaa... (bisa juga pake panci presto). Setelah sampe pada tingkat keempukan yang diinginkan (halah), baru tambahkan gula merah / gula pasir dan sedikit garam. 
  3. Setelah gula larut sempurna, baru masukkan santan. Klo aku suka santan yang encer... Berasa ringan dan gag eneg aja... Didihkan...
  4. Biar es yang dihasilkan lembut, sebenernya ada tambahan zat kimia semacam pengemulsi gitu... Tapi aku ga pake.. Sempet baca-baca, kabarnya maizena bisa melembutkan tekstur es. Minimal biar ga kaya lagi makan es batu laaah... Kapan-kapan aku pingin nyoba.. Ditunggu aja yaaaaaa ^^ 

...aku punya 2 macem cetakan es...
ada yang gepeng2 agak besar dan kalo yang ini cetakan es yang kurus-kurus...
kalo minat, banyak dijual di supermarket ko...
harganya sekitar 12 ribuan... 

semoga menginspirasi...^^

Kue Kering Kurma


Tidak ada rotan, akar pun jadi...

Keabisan selai nanas pas bikin nastar? Ganti aja isiannya dengan kurma yang dah dicincang kecil2...^^

Alhamdulillah, dirumah pas ada kurma medjool... 
Kurmanya besar-besar, dengan daging buah tebal dan tekstur yang agak basah....

Jadi keinget, dulu pas haji taun 2011, salah satu pengalaman yang kudapat: aku jadi tau beraneka jenis kurma (dan ternyata beda ama yang banyak dijual di tanah air...). Favorit kami kurma syukari, harganya waktu itu sekitar 20 riyal per kilonya...jauuuuuuuuuuuuh lebih murah dari kurma ajwa yang nyampe 40-an riyal... kurma syukari ini daging buahnya cenderung basah dan warnanya coklat muda... 

Nah kembali ke Kue Kering Kurma, untuk kulit cookiesnya aku pake resep nastar NCC. 
Detil resepnya silakan liat di sini yaaaaaaa....

...untuk membedakan dengan nastar, aku ngebentuknya lebih memanjang...
...cookies yang muprul dengan isian kurma cincang yang legit...
...mengunjungi salah satu kebun kurma di Madinah...
kebunnya mah ga terlalu luas, yang gede malah tokonya ^^

...kesempatan untuk belajar aneka kurma sekaligus olahan dari kurma..

...yang ini pas lagi di pasar tradisional kurma...
letaknya gag jauh dari masjid Nabawi...
..harga yang ditawarkan pastinya jauh lebih murah dari yang di toko dan mall..
liat kurmanya... macem2 banget kan?

gimana tertarik untuk nyoba bikin kue kering kurma?^^

Rabu, 16 Juli 2014

Nastar


Alhamdulillah dipertemukan lagi dengan Ramadhan...
Gimana temans, target Ramadhan-nya on progress kan? tetep semangat kan ya?  
Dan semoga Allah memudahkan langkah kita untuk tidak melewatkan sedetikpun dalam Ramadhan kecuali dalam kebaikan dan amal sholih, aamiin...  

Seperti Ramadhan taun2 sebelumnya, salah satu proyek rutinku adalah bikin cookies untuk dibawa mudik ke Jakarta dan Malang... 
Artinya... tiap taun, klo di x-ray bandara, kardusku kliatan isinya cookies smua hehehehe

Dan ratunya kue kering yang selalu nongol pas lebaran tiba adalah Nastar alias ananas taartjes!!!
Untuk proyek per-cookies-an taun ini, aku nyoba pake resep NCC yang dah kondang kemanah2... 

Nastar 
by Fatmah Bahalwan

Bahan kulit:
250 gr margarine
250 gr butter
100 gr gula halus
4 btr kuning telur
700 gr tepung terigu *iing pake terigu protein rendah*
4 sdm susu bubuk fullcream

Bahan olesan:
3 btr kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt susu cair

Cara membuat:
  1. Kocok sebentar mentega, gula dan telur, cukup sampai tercampur saja.
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata.
  3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, isi dengan selai nanas. Susun diloyang tipis, beri jarak satu dengan yg lain.
  4. Oven dengan suhu 140’C selama lebih kurang 30 menit. Keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan, oven lagi hingga kuning mengkilat.
  5. Angkat, biarkan dingin. Susun dalam toples, tutup rapat. 

Selai Nanas

Bahan:
4 bh nanas palembang, parut atau blender *iing pake nanas biasa*
200 gr gula pasir
1 sdt garam
1 potong kayu manis

Cara membuat:
  1. Masak nanas halus bersama airnya, garam dan kayu manis hingga kering. Tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat.
Catetanku:
  1. Pada saat mengocok kuning telur, gula halus, butter dan margarine, jangan terlalu lama yaaa... Apalagi sampe ngembang, waduuuh jangan banget! Nastar yang dihasilkan akan meleber...
  2. Untuk membuat selai nanas dengan warna yang lebih cerah, masukkan gula pasir menjelang air dalam parutan nanas berkurang... Btw, untuk penambahan aroma, ada juga yang memasukkan cengkih pada adonan selai... Monggo aja, disesuaikan dengan selera...
  3. Selai ketika dingin akan lebih mengeras, artinya jangan memasak selai hingga terlalu kering... Tapi kabar baiknya, selai nanas yang lebih kering tentu menghasilkan nastar yang lebih tahan lama...
  4. Fungsi penambahan susu pada olesan kuning telur, agar olesan tidak bergumpal-gumpal...

selai nanas digongso sampe airnya berkurang, baru gula pasir dimasukkan...

...sesaat seblom masuk oven... 
tapi kynya aku terlalu padet nyusun nastarnya...
sebaiknya untuk memaksimalkan pengovenan, beri space yang cukup antar nastar... 



...lapisan kuning telur rada pecah2...
*pastinya bukan karena kurang lotion loh yaaa hehehehe*

Karena perbandingan butter dan margarine 1:1, maka dapat dibayangkan tekstur nastar ini begitu muprul...
Wangi butternya kecium begitu mulai mateng....
Tertarik untuk mencoba? Buruan bikin sendiri yuuuk... ^^


***


Saudaraku, mari selipkan doa dan sisihkan sebagian rezeki kita untuk saudara-saudara kita di Palestina...
 ...semoga Allah meringankan langkah kita..

*pray for gaza*

T_T

Rabu, 25 Juni 2014

Puding Mozaik


Di dunia maya kmaren2 sempet heboh ama art of jelly puding...
Cantik banget emang yaaa, ada rangkaian bunga warna warni dalam jelly kaca...
Dah beberapa kali baca2 sih, tapi blom punya nyali buat ngubleknya wkwkwk

Nah, klo puding mozaik ini masih bisa dikategorikan 'nge-art' juga tho? ^^
Puding mozaik ini versi lain dari rainbow pudding menurutku... 
Dan seperti biasa, aku lebih tertarik karena warnanya yang cantik ^^

Puding Mozaik
source: Just my Ordinary Kitchen *dengan modif*

Bahan A:
  1. 1 bungkus agar2 warna putih
  2. 150 gr gula pasir
  3. pewarna makanan
  4. 800 ml air
Bahan B:
  1. 1 bungkus agar2 warna putih
  2. 250 ml susu kental manis
  3. 50 gr gula pasir
  4. vanili *iing ga pake*
  5. 600 ml air
Cara membuat:
  1. Rebus bahan A (kecuali pewarna), hingga matang. Tuang dalam gelas-gelas dalam jumlah yang sama. Tambahkan pewarna untuk masing2 gelas, 1-2 tetes. Aduk rata, biarkan beku.
  2. Setelah beku, keluarkan agar2 warna dari gelas, potong sesuai selera.
  3. Susun potongan agar2 warna dalam cetakan puding besar. Sisihkan.
  4. Rebus bahan B, hingga matang. Matikan kompor. Tunggu hingga uap panasnya hilang.
  5. Tuang perlahan ke dalam cetakan puding besar. Biarkan set.
  6. Sajikan dingin....

...aku suka motif mozaiknya yang ga beraturan plus warnanya...
seperti cat air ^^
Catetan:
  1. klo untuk yang ga demen susu kaya aku, ukuran susu kental manis kayanya perlu dikurangin deh... Tapi kata anak2 dan si mas sih, pudingnya enak hehehe
  2. Monggo klo mo pake vla, di resep asli  pake vla santan, klo aku ga pake..


...setiap irisan blom tentu menghasilkan motif yang sama loh... cantik dan unik..^^
lebih nyeni dari rainbow pudding menurutku hehehe


Butuh proyek liburan bareng anak2?
silakan dicoba bikin puding yang simple tapi cantik ini deh...^^