Senin, 29 Desember 2014

Puding Marmer Roti Tawar


Postingan trakhir di akhir tahun 2014...^^
Seperti biasa, masih pemberdayaan 'sisa makanan'... 
kali ini pake roti tawar 3 lembar, yang teronggok di meja makan, gag laku2... 
Resepnya nyontek dari blognya mba Nina, dan rupanya bliou terinspirasi dari postingannya Ummu Fatima
(buat2 mba2 hebat nan kreatip ini, makasih ya sharingnya ^^)

Puding Marmer Roti Tawar
source : Catatan Nina

Bahan:
  1. 1 bungkus agar-agar, plain (7 gr) 
  2. 3 lembar roti tawar, potong hinga kecil-kecil
  3. 300 ml susu cair
  4. 400 ml air
  5. 130 gr gula pasir (atau sesuaikan dengan selera)
  6. 1 sdt vanilla
  7. 1 sdm coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta
Cara membuat:
  1. Blender roti tawar dengan air dan susu cair, hingga lembut. Tuang ke dalam panci.
  2. Tambahkan agar-agar, gula pasir. Aduk hingga merata.   
  3. Masak di atas kompor, dengan panas sedang sambil terus diaduk hingga mendidih.
  4. Matikan kompor, tambahkan vanilla. Aduk hingga rata.
  5. Ambil sekitar 2 sendok sayur adonan, tambahkan campuran cokelat, aduk hingga rata.
  6. Secara bergantian tuangkan adonan putih dan cokelat ke dalam cetakan agar yang telah dibasahi air matang. Jangan lupa buat motif marmer dengan menggunakan sumpit.
  7. Tunggu hingga puding mengeras, masukkan kulkas. Hidangkan dingin dalam bentuk potongan.
Catetanku:
  1. Klo mo bikin motif cokelat yang lebih tebal, jumlah adonan yang diberi coklat ditambahin aja...
  2. Coklat bubuk bisa juga diganti dengan pasta coklat, pasta pandan, pasta ubi . Sesuaikan dengan selera...
  3. Tekstur pudingnya lebih padat daripada puding biasa, mirip puding kentang gitu... Dan karena penggunaan roti tawar, pudingnya jadi ada aroma-aroma ragi...Biarpun gag terlalu kentara seeh (mungkin kebantu ama pemakaian vanilla)
e
aku suka motifnya, unik ^^

penampakan setelah dipotong... kliatan motif marmernya meski tipis ^^

Tertarik untuk mraktekin bikin puding ini pas liburan akhir taun???
Ditunggu reviewnya yaaa...^^

Rabu, 24 Desember 2014

Spaghetti



Daripada ga ada aplotan, maka makanan instant pun masuk postingan *krukupan wajan*
Ini sebenernya cuma spaghetti biasa, yang tinggal direbus dalam air yang telah mendidih plus ditambahin sedikit garam dan minyak sayur agar tidak melekat satu sama lain...
Sausnya pun aku pake bolognaise yang udah kemasan....*wkwkwkwk cuma nambahin sedikit potongan bombay plus sosis*
Ah sudahlah... ini postingan yg kurang mutu memang, termasuk potonya yang ampun dah hew3x
Akirnya slamat liburan semuanya... selamat berelaksasi bersama kluarga tercinta ^^


...boleh dicampur daging cincang, bisa juga diparutin keju cheddar...


naaah, klo yang ini hasil tas rajut pertamaku...
alhamdulillah, pokoke jadi.. gag ngarep banyak, newbie gitu looh
3-4 bulan mbikinnya  (termasuk beberapa minggu off, termasuk 3 minggu nginep di tukang pasang furing)
*wew pegelnya tuh disinih: tunjuk leher* 


Owiyah skalian mo share kabar bahagia niy...
Alhamdulillah, Jumat kmaren kami dimudahkan menjalankan kewajiban khitan atas putra sulung kami: Ihsan...
Gag mbikin acara seh, cuma kumpul2 kluarga ama temen satu seksi...
Akhirnya, smoga Allah memberikan segala kebaikan dunia dan akhirat untukmu ya nak...
Aamin...

Kamis, 18 Desember 2014

Wedang Tahu



Dah masuk pertengahan Desember, anak-anak dah kelar ujiannya, maka atmosfer yang kerasa adalah....libur hehehe *backsound: Libur Telah Tiba-nya Tasya*

Buat yang masih ada amanah kerjaan yang belum kelar tahun ini, semoga dimudahkan yaaa...
Dan bagi yang tanggungannya dah beres, dah bisa mule nyusun target untuk tahun depan... ^^ *jiaaaaaaah

Btw, postingan kali ini adalah Wedang Tahu...
Minuman hangat berbahan dasar sari kedelai dengan kuah jahe... 
Tapi kali ini aku mbikin yang versi abal-abalnya, karena memakai agar-agar plus susu kedelai untuk untuk mbikin lapisan tahunya... 

Kebetulan sepulang dari Ungaran akhir bulan lalu, aku ma temen2 mampir beli tahu YunYi plus susu kedelai. Malemnya aku nyobain mbikin wedang tahu ini... Mo nyobain?

Wedang Tahu
source: Diah Didi's Kitchen *dengan modif*

Bahan:
  1. 600 ml susu kedelai
  2. 400 ml air
  3. 1 bungkus agar2 bubuk warna putih
  4. 1/4 sdt garam
  5. 1 lembar daun pandan, bikin simpul
Bahan kuah:
  1. 100 gr gula merah, sisir halus 
  2. Daun pandan 2 lembar, bikin simpul
  3. 25 gr jahe emprit, bakar kemudian geprek
  4. 500 ml air
  5. 1/4 sdt garam
Cara membuat:
  1. Campurkan susu kedelai, air, agar-agar, garam dan pandan. Rebus dengan menggunakan api sedang. Jangan lupa, untuk terus diaduk yaa... Jaga jangan sampai pecah... Bekukan dalam wadah. Setelah beku, sendokin tipis2 pake sendok
  2. Bahan kuah: campurkan semua bahan. Rebus hingga mendidih. Saring.
  3. Wedang tahu siap dihidangkan dengan kuah jahe...
    *sluuuuuuuuuuuurp*
 

Catetan:
  1. menurutku lapisan tahunya terlalu keras, sedikit kurang lembut. Klo mo nyoba mending tambahin lagi susu kedelai/air sekitar 100-150ml
  2. Untuk kuah jahenya, menurutku dah pas. Ga terlalu pedes, anak2 masih bisa tahan... Tapi klo mo yang lebih mantap, tambahin aja jahe kepreknya
  3. Jahe harus dibakar ya sodara2, biar gag langu *pesen nenek*
  4. Dan jahe yang dipake yang jenis jahe emprit ato jahe jawa, lebih pedes gituuuu (drpada jahe gajah

..teksturnya masih sedikit kurang lembut...

..yummy...
 
Buruan bikin sendiri di rumah yuuuuuuuuuuuuuks? ^^

PS: buat adekku si Kulul, makachi ya radionya... really luv it ^^ Kapan dines luar lagi? hehehe

Selasa, 02 Desember 2014

Prol Tape


Alhamdulillah kalo masih bisa ngerasa capek karena padatnya aktivitas sepanjang hari...
Karena di luaran sana, ternyata banyak orang yang ga tau musti ngapain... 
Maka, semoga semua letih itu akan diperhitungkan kelak di hari akhir sebagai amal kebaikan... Aamiin... 
Tetap semangat untuk belajar dan terus memperbaiki diri ya kawan ^^ Dan jangan lupa, selalu perbaiki niat...^^

Sampe juga di bulan terakhir taun masehi: Desember!!!
Di Semarang hampir tiap hari turun hujan, jadi lebih adem, seger... alhamdulillah ^^
Dan postingan kali ini mungkin cocok utntuk dipraktekin pas musim ujan... 
Eh tapi mo dipraktekin pas musim kemarau juga ga bakalan dimarahin satpam ding ^^
That is...Prol Tape!!!

Sedikit berbeda dengan Cake Tape yang udah pernah aku posting di sinih, kalo yang sekarang teksturnya lebih lembut... Karena terigu, telur dkk lainnya hanya bersifat sebagai 'pengikat'. 
Kalo yang cake tape aku ceritakan dulu, lebih padat teksturnya... Monggo kalo ntar mo diperbandingkan...

Setelah blogwalking ke beberapa foodie blogger, akirnya aku milih resep punya mba Hesti. Komposisinya paling oke, menurutku...
Makasih banget yo mba, atas sharingnya...^^

Prol Tape (Keju)
source: Hesti's Kitchen

Bahan:
  1. 300 gr tape singkong, haluskan
  2. 75 gr gula pasir
  3. 1/2 sdt garam
  4. 3 butir telur, kocok lepas *iing pake 3 telur + 1 putih telur*
  5. 70 gr tepung terigu protein sedang
  6. 100 ml susu cair
  7. 50 gr margarin, lelehkan
  8. 1 kuning telur untuk olesan
  9. Keju parut secukupnya untuk taburan
Cara membuat:
  1. Panaskan oven, sekitar 180 derajat.
  2. Remas2 tape, gula dan garam hingga tercampur merata dan larut. Masukkan kocokan telur. Aduk rata.
  3. Tambahkan tepung terigu. Aduk kembali. Tuangkan susu dan margarin leleh. Aduk rata.
  4. Tuang ke loyang 18x18x4 cm yang telah dioles margarin dan dialasi kertas roti. *iing pake loyang brownies, 30x10x4 cm*
  5. Oven 20 menit dengan suhu 180 derajat. Keluarkan dari oven, oles kuning telur, taburi keju parut.
  6. Oven kembali sekitar 30 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk.
  7. Sajikan dalam benuk potongan

                            

Catetanku:
  1. Pastikan kualitas tape,pilih tape yang manis dan dah masak benar...
  2. Resep asli pake telurnya 3, tapi aku tambahin 1 putih telur sisa olesan kuning telurnya, biar bisa kepake dan gag mubadzir.
  3. Resep asli juga make esens almond, tapi aku ga pake, gag punya sih hehehehe

                              

Alhamdulillah, resepnya mantap!!!

Teksturnya lembut, plus rasanya yang tape bingiiiiiiit berpadu dengan gurihnya parutan keju...^^
Tertarik untuk praktek sendiri? ^^



Selamat mencoba ^^

Sabtu, 15 November 2014

Kacang Ijo

Timbang gag di aplot rek... yo mendingan di aplot ae... iso nambah2i postingan ngono lho huehehehe


Haloooo pemirsah... Postingan kali ini cukup sederhana bahkan gag perlu resep, karna dah saking seringnya di ublek di rumah2... This is it: Kacang Ijo!!!

Aku termasuk penggemar kacang ijo garis keras...
Dari jaman anak2 sampe punya anak, aku suka banget ma kacang ijo... 
Cocoklah kacang ijo kunobatkan sebagai minuman terlejat di dunia... *tentunya versi ku loh yaa, bukan versi on the spot yang di tipi itu* 
Mulai dalam bentuk bubur yang kental sampe yang pake santan encer kaya di posyandu2... 
Dan kesukaanku kacang ijo yang ala posyandu hehehehe 
Psssst kata ibuku, aku dulu pernah menang lomba bayi sehat tingkat kelurahan loh hihihi

Klo pas hamil, aku suka minum rebusan kacang ijo pas didihan pertama... 
Jadi bening tanpa santan gitu dan rasanya mirip ama teh...

                         

Tapi kalo yang sering aku bikin di rumah, aku suka yang kacang ijonya sampe pecah2 gitu...
Hehe jangan tanya vitaminnya dah kabur kemanah...

Sedikit catetan tentang kacang ijo dariku:
  1. Setelah di cuci bersih, rendam kacang ijo semaleman agar kacang ijo cepat empuk
  2. Rebus kacang ijo terlebih dahulu dengan daun pandan yang dudah disimpul hingga masak, baru masukkan gula merah dan sedikit garam. Setelah itu baru masukkan santan encer... Masak hingga matang...
  3. Jangan masukin gula garam, klo kacang ijo belum empuk dan air mendidih ya... Gula garam bisa menaikkan titik didih air
  4. Kalo mo yang lebih empuk lagi, ngerebus kacang ijonya bisa pake panci presto ^^
  5. Ada juga yang seneng menambahkan jahe bakar untuk memperkuat aroma. Kalo aku lebih suka versi tanpa jahe.. 

...seger, tapi tetep legit dan gurih...

duo rajin yang juga penggemar kacang ijo...
Selamat berkacang ijo ria ^^

Rawon


Alhamdulillah, akhirnya dateng juga musim penghujan... 
Kenapa ko 'akhirnya'? karena datengnya telat ^^
Biasanya September dah hujan, eh ini bulan November hujan baru mulai rutin turun....
Adeeeeeeem, syegeeeeer.... 

Sebagaimana telatnya musim hujan, maka postingan ini juga bisa dikategorikan postingan yang telat *lagu lamaaaaa, dah biasaaaaaaaa*
Gimana ga telat, wong rawon ini diublek sebagai hasil pemberdayaan daging sapi pembagian dari masjid pas Idul Adha kmaren *ngooooooooks*


Btw, dah pada tau rawon kan? 
Itu loh salah satu menu khas dari Jawa Timur yang menggunakan keluwak/kluwek... 
Jaman dulu, ni rawon lazim mengorbit pas acara kenduri dan hajatan... 
Tapi bisa juga jadi menu sarapan alternatif selaen oges lecep alias sego pecel hehehehe

Sebagai keturunan Timur Tengah (ibu Jawa Timur, ayah Jawa Tengah), aku musti ngenalin ni menu ke anak2. Dah beberapa kali sih nyobain masak rawon.  
Maklum, di Semarang blom ketemu yang jual rawon... 
Klopun ada, teksturnya kental plus ditambahin daun so aka daun melinjo 
*jadi rancu ma pindang yaa*

Resepnya bisa pake dari Sajian Sedap, tapi klo ukurannya aku asal kira2 aja...
Dan menurutku, rawon yang dah nginep semaleman, rasanya lebih mantap...
Gag percaya? cobain aja deh ^^

Owiyah, aku pernah nyobain juga mbikin rawon pake bumbu instant merk Bamboe...
Hasilnya enak!!! Tapi jangan lupa tambahin bawang merah dan bawang putih halus yaaa...

Salam rawon....^^

Rabu, 15 Oktober 2014

Rujak Cireng

Cireng... alias aci digoreng...
Gorengan ini baru aku temuin pas aku lagi kuliah...
Maklum di sekitar kampus plat merahku yang terletak di Tangerang, banyak yang jual gorengan, termasuk salah satu jualannya ya cireng ini (eh mungkin perlu diadain penelitian: apakah jumlah penjual gorengan berbanding lurus dengan jumlah mahasiswa di suatu daerah? ah sudahlah, abaikan judul tesis abal2 ini)


Di Jawa Timur sendiri, ga ada yang namanya cireng...
Mungkin klo jaman sekarang, dimana selera pun makin mengglobal, cireng pun dah masuk ke mana-mana yaaa hehehe

Kembali ke ...laptop!!! eh cireng...
Sebenernya termasuk jenis gorengan yang sering ku cuekin.
Aku lebih memilih kawan seperjuangannya: tempe ato pisang goreng...
Tapi (lagi2) karena virus rujak cireng yang kian marak di fesbuk, apa daya akirnya aku terpapar juga *pasang spanduk: dibutuhkan segera anti virus paling oke biar gag gampang mupeng  proyek perkualian*


Rujak Cireng
source: Dapur Manis

Bahan A:
  1. 150 gr tepung aci/tapioka/kanji
  2. 2 siung bawang putih dihaluskan
  3. 1/2 sdt garam
  4. 1/2 sdt kaldu bubuk *iing pake kaldu bubuk non MSG*
  5. 1/2 sdt penyedap rasa *iing ga pake*
  6. 1/2 sdt merica bubuk *ni aku tambahin sendiri, resep asli ga ada*
  7. 1 batang daun bawang iris halus
  8. tepung tapioka untuk taburan secukupnya
Bahan B (untuk biang):
  1. 50 gr  tepung aci/tapioka/kanji
  2. 150 gr air suhu ruang
Bahan C:
  1. 3 cabe merah rawit
  2. 3 cabe keriting
  3. 25 gr gula merah
  4. 2 sdm air asam jawa
  5. 25 ml air
  6. garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Membuat samabal: ulek halus bahan C, baru terakhir tambahkan air. Cek rasa, sisihkan.
  2. Dalam wadah besar, tuangkan bahan A, aduk rata. Sisihkan.
  3. Aduk rata bahan B, dalam panci hingga terlarut sempurna. Rebus adonan dengan api kecil, aduk terus hingga adonan kental, bening seperti lem. Matikan kompor.
  4. Segera masukkan adonan B, ke dalam campuran bahan A. Aduk rata dengan memakai sendok kayu. Kalo terasa sudah mulai hangat, proses pengulenan bisa dilakukan dengan menggunakan tangan.Terus uleni, hingga tercampur.
  5. Selanjutnya taburi tangan dengan tepung aci. Ambil sejumput adonan, pipihkan dengan telapak tangan. Cubit-cubit bagian tepinya hingga tipis. Agar tidak melekat satu sama lain, taburi lagi dengan tepung aci.
  6. Goreng dalam minyak yang panas. Jaga agar tidak gosong. Angkat dan tiriskan.
  7. Hidangkan cireng hangat-hangat dengan bumbu rujaknya.

...sambalnya menggoda....
Catetan:

Resep asli tidak memakai merica bubuk. Untuk percobaan ini,aku tambahin merica. Cuma kalo mo mbikin cireng ini,saranku mending ganti mrica dengan ketumbar. Pasti lebih kaya rasa

setelah dicocol sambal, hap....cireng pun dimakan ^^

Selamat mencoba ^^

Jumat, 10 Oktober 2014

Klappertaart


Alhamdulillah, kesampean juga akhirnya mbikin klappertaart sodara2... ^^
Ada yang blom tau, benda apakah klappertaart ituh? :-D
Bagi yang belom tau, brikod penjelasannya dari wikipedia:

Klappertaart di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapatepung terigususumentega dan telurResepadonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakancustard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulutKue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

Dah lama banget pengen nyobain mbikin klappertaart... 
Tapi maju mundur gag jadi mulu, soalnya bahannya lumayan banyak dan rada2 mihil hehehehe
Makanya, itung2 sebagai pengalaman pertama plus untuk alesan penghematan, aku nyobain 1/2 resep duluuuu... Yang aku tulis dibawah ini, setengah resep yaaa

Klappertaart
source: NCC

Bahan:
  1. 500 ml susu *iing pake UHT*
  2. 100 gr gula pasir
  3. 1/4 sdt garam
  4. 25 gr tepung terigu *iing pake terigu protein sedang*
  5. 25 gr maizena
  6. 25 gr tepung custard
  7. 75 gr butter
  8. 3 kuning telur
  9. 2 butir kelapa muda, keruk dagingnya, potong2
  10. 50 gr kenari *iing pake almond*
  11. 1/2 sdm kayumanis bubuk *iing pake 1 sdt*
Topping: 
  1. 3 putih telur
  2. 2 sdm gula pasir
  3. 1 sdm terigu
  4. kismis
  5. kayu manis bubuk
Cara membuat:
  1. Campur terigu, maizena dan tepung custard dengan sedikit susu, aduk rata, sisihkan.
  2. Rebus sisa susu, gula pasir dan garam. Aduk-aduk terus hingga mendidih.
  3. Masukkan larutan tepung ke dalam susu sambil diaduk hingga mengental. Aduk terus.
  4. Masukkan butter. Tambahkan kelapa muda, kayu manis bubuk, kenari cincang (iing pake almond) dan kuning telur
  5. Masukkan ke dalam loyang hingga 1/2 tinggi loyang. Panggang dengan cara au ban marie hingga setengah matang (sekitar 30 menit)
  6. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok lagi hingga kaku. Masukkan terigu, aduk rata. Masukkan dalam pipping bag.
  7. Semprotkan ke atas adonan setengah matang, taburi kayu manis, kismis dan almond jika masih ada sisa. Panggang hingga kuning kecoklatan.
sebelum masuk oven, jgn lupa beri air dalam loyang (au ban marie)

Catetan:
  1. Ketika larutan tepung dimasukkan ke adonan susu, adonan rawan bergerindil. Tetaplah semangat, tabahkan hatimu dan jangan menyerah... *tsaaaaaah kibasin jilbab* Tetaplah mengaduk dengan konsisten plus dgn memakai api kecil yaaaaa *hayooooo kamu bisa!!!*
  2.  Untuk wadah, bisa pake loyang, bisa pake alumunium foil, bisa pake ramekin, bisa juga pake pyrex... Kalo ga punya, bisa juga minjem punya tetangga hehehehe
  3. Untuk adonan topping, agar adonan stabil, bisa ditambahkan 1/2 sdt air jeruk nipis. Nyesel aku ga make jeruk nipis, adonan topping ku ambles hiks
  4. Klo adonan toppingnya kurang, bisa ditambahin lagi adonannya. Tentunya itungannya proporsional sesuai resep yaaa...
  5. Bagi yang ga suka adonan yang terlalu 'creamy dan eneg' kaya aku, mungkin 1/2 butternya, bisa diganti margarin


...fresh from the oven...  


...wadahnya bisa juga pake alumunium foil...
yaa mbikin, yaa moto, yaa nyicip juga duwoooong... Itulah enaknya jadi foodie blogger wkwkwkwk
Owiyah testimoni anak-anak dan suami tentu saja: enak...!!! Tapi rada 'eneg' buat kami...
Kalo kata temen2 kantor bilangnya juga: enak!!! Kapan mbikin lagi??? *halaaaaaaaaah*
Oki doki, jadingan postingan ini makin berarti dgn praktik langsung di kemudian hari hihihihi
Selamat mencoba....^^  

Selasa, 07 Oktober 2014

Roti Isi Tuna Mayo

Selamat Hari Raya Idul Adha 1435 H
Semoga Allah menerima kurban dan amal ibadah kita, aamiin...

Alhamdulillah, postingan kedua di bulan Oktober ^^
Roti Isi Tuna Mayo....



Proyek roti isi tuna mayo ini terinspirasi ama snack jualannya mba Poppy, mba2 yang sering nawarin snack di kantor... Salah satu jualannya, roti isi kornet mayo. Satu porsi dibanderol 8 rb rupiah, dah mbikin perut kenyang hehehehe..
Tapi untuk kali ini, kornet sengaja aku ganti tuna kalengan... *adanya di kulkas, tuna sih ^^

Bahannya mudah didapet, harganya relatif murah dan mbikinnya (pastinya) mudah laaaah...
Wanna try? ^^ 

Roti Isi Tuna Mayo

Bahan:
  1. 10 lembar roti tawar tanpa kulit
  2. 1 kaleng ikan tuna, tiriskan *sekitar 160 gr*
  3. 1/2 bawang bombay, cincang halus
  4. 1/2 sdt lada
  5. gula dan garam secukupnya
  6. 6 sdm mayonais *ato sesuaikan selera*
  7. 1 buah putih telur, kocok dengan garpu
  8. tepung roti
  9. minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
  1. Tipiskan roti tawar dengan menggunakan rolling pin. Klo gag punya, bisa pake botol kosong yang udah dibersihkan permukaannya. Sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan tuna. Tambahkan lada, garam dan gula. Cek rasa. Matikan kompor.
  3. Setelah uap panasnya hilang, tambahkan moyanais ke dalam adonan tuna. Aduk hingga rata.
  4. Isikan adonan tuna ke roti yang telah ditipiskan. Lipat bentuk persegi atau segitiga. Rapatkan tepinya dengan dicubit2. Klo perlu olesi putih telur, sebagai perekatnya.
  5. Celupkan dalam kocokan putih telur. Gulingkan di atas tepung roti.
  6. Goreng, hingga kuning keemasan. Hidangkan hangat dengan saus tomat/sambal
setelah roti ditipiskan, tambahkan adonan tuna mayo
Catetan:
  1. Klo ga ada tuna, bisa pake kornet, bisa juga pake daging cincang. Klo mo pake potongan sayur alias ragout bisa juga. Tapi harus diberi sedikit terigu, untuk 'mengikat' adonan...
  2. Bisa juga ditambahin daun bawang atau jagung pipil... 
  3. Kenapa bahan pencelup cuma pake putih telur? agar ketika dingin, teksturnya masih 'kressssssh'. Jangan lupa tepung rotinya pake jenis yang kasar ya, sekali lagi biar lebih 'kressssssh' *halaaaah*
Alhamdulillah, suami dan anak-anak suka banget... Cocok buat sarapan, oke juga buat bekal kalo bepergian jauh...


Gimana? Mudah kan? Iya kan? *awas klo ada yang bilang susah hehehehe*
Buruan praktekin yeee mpok...
Dan ane tunggu reviewnye... Ane tungguin di pengkolan jalan yeeee, wuoke???! ^^

Rabu, 01 Oktober 2014

Brownies ala Ummu Allegra


Yup, postingan pertama dan mruput di bulan Oktober!!! ^^
Akirnya aku ketularan virus mbikin brownies yang sempet nge-hit banget di dunia maya...
Brownies ala Ummu Allegra.. Dah beberapa temen foodie blogger yang nyobain bikin, dan reviewnya smua oke selaen tampilannya yang juga unik... Akirnya sabtu sore, tanpa direncanakan, tereksekusi juga ni brownies ^^ 

Owiyah berdasarkan sharing mba Nina Agustina, judul resmi brownies yang dirilis Ummu Allegra adalah triple choco brownies sungai chocolatoz... Triple choco mungkin karena pake 3 macam jenis coklat. yaitu DCC, coklat bubuk dan choco chip. Dan sungai chocolatoz mungkin karena ada gurat2 mirip sungai kaya penampakan peta kali yaaaa? *wkwkwk analisa sok teu*

Tapi ya sudahlah, dimanapun Ummu Allegra berada, makasih ya mba untuk sharing ilmunya, semoga berkah... Dan untuk mba Nina yang dah nyobain juga, makasih juga sharing dan review percobaannya...Aku ngikod dirimu mba, nyobain mbikin versi 1/2 resep ^^
Naaah brubung coklat yang kupake cuma 2 macem yaitu DCC ama coklat bubuk, makaaaa judulnya pun bukan triple choco brownies sungai chocolatoz lagi... 
Tapi kunamain: Brownies ala Ummu Allegra ^^

Brownies Ummu Allegra
source: Catatan Nina

Bahan:
  1. 3 butir telur
  2. 150 gr gula pasir (aslinya 200 gr)
  3. 100 gr gula palem (aslinya 125 gr)
  4. 115 ml minyak goreng
  5. 1 sdt vanilla bubuk *iing ga pake*
  6. 100 gr coklat masak, lelehkan *iing apake tulip*
  7. 200 gr tepung terigu protein sedang
  8. 25 gr coklat bubuk *iing pake van hauten*
  9. 1/2 sdt baking powder *iing ga pake, stok lagi abis*
  10. 1/2 sdt soda kue
  11. chocochips secukupnya *iing ga pake, stok abis juga*
Cara membuat: 

  1. Panaskan oven 190'C, siapkan loyang 20x20x4 cm atau 22x22x4 cm. Oles margarin atau minyak dan alas dengan kertas roti hingga sisi-sisinya. Sisihkan. *iing pake loyang ukuran 26x10x3cm dan ditambah beberapa cup muffin*
  2. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
  3. Kocok telur, gula pasir, gula palem dan vanilla bubuk selama 2-3 menit, hanya sampai gula larut. Saat mengocok, mixer digerakkan bolak balik dan jangan searah.
  4. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil dimixer bolak-balik. Bisa juga diaduk memakai sendok kayu atau spatula
  5. Masukkan minyak goreng, aduk hingga rata.
  6. Masukkan sebagian chocochips. Aduk rata.
  7. Tuang coklat masak leleh, sisakan sedikit untuk topping. Aduk rata.
  8. Tuang adonan ke dalam loyang. Buat motif coklat leleh di atasnya dengan menggunakan sendok dan taburi sisa chocochips. *iing nuang sisa coklat pake sendok teh*
  9. Panggang dengan suhu 190'C selama 20 menit dan letakkan loyang di rak atas. 
  10. Turunkan suhu menjadi 150'C dan pindahkan loyang ke rak tengah (kalau yang ovennya 2 rak, berarti dipindah ke rak bawah ya). Panggang selama 20-25 menit. Jangan melebihi waktu tersebut ya karena bila overbaked, tekstur browniesnya tidak akan chewy bagian dalamnya. Angkat dan dinginkan baru kemudian dipotong-potong.
guratan coklatnya cantik ya, mirip sungai atau mungkin seperti kulit pohon yang sudah tua...?
Catetanku:
  1. Untuk percobaan slanjodnya, kayanya aku bakal skip baking powder ama soda kuenya. Aku lebih suka brownies yang flat daripada yang ngembang berjambul... Tapi secara umum,resepnya mantap! cocok untuk dipraktekin di rumah...
  2. Karena proses pemanggangan ga merata, akhirnya browniesku mengembang ditepi2nya tapi kemudian ambles pas dah didinginin. Jadilah potongan browniesku lebih mirip anak tangga podium upacara wkwkwkwk. Owiyah aku dah jarang make oven listrik ku,lebih suka pake oven tangkring perjuangan yang dah jadul... Ga da termometernya, tapi panasnya lebih bisa diandelin *tentunya dengan jurus kira2*. Doain yaaa, aku bisa dapet lungsuran oven gas yang kecil... *eh emg sapa yg mo hibah?*
  3. Takaran manisnya setelah dikurangin gulanya, menurutku dah pas..
  4. Kalo mo rasa lebih legit, simpan dulu brownies dalam wadah kedap udara dan kemudian taruh di kulkas

Btw, liat pisau yang kupake bt motong bowniesnya kan? Yup itu hadiah dari mba Diyah Marhayati taun lalu, pas bliou dari nengokin adeknya yang kerja di kedubes Indonesia di Swiss... 
Makachi ya mba Diyah, kado cantiknya, insyaAllah manfaat ^^ 
Kapan mo jalan2 dan kirim hadiah cantik lagi? ^^

Senin, 29 September 2014

Mie Goreng Jowo


Mumpung jam istirahat, yumarkiblog...yuk marih kita ngeblog hehehehe
Ublekan 2 minggu lalu, mie goreng biasa... bukan spesial apalagi versi istimewa...
Dah pada ahli pastinya mbikin olahan satu ini kan? ^^

Yang sedikit membedakannya, aku pingin mbikin nyobain mbikin versi Mie Goreng Jowo...
Ada sedikit beda ama mie goreng biasanya...
Kalo mie goreng jawa biasanya pake bumbu kemiri, sayurnya pun ada tambahan taoge dan irisan kol yang halus... Dan satu lagi... masaknya pake bara api dari arang dalam anglo!!! Nah looo...
Tentu saja aku ga bikin versi sesuai pakem...
Masaknya tetep aja pake kompor gas, dan sayurannya pun cuma ngikutin stok yang ada di kulkas...
Satu2nya yang sama cuma aku make kemiri yang disangrai trus dihaluskan 
hehehehe Mie Goreng Jowo versi KW brapa ni? ^^

Seperti biasa aku ga pake ukuran ya klo masakan...
Cuma pake jurus kira2 aja ^^
Kalo mo versi detilnya silakan langsung meluncur kemarih: Sajian Sedap  

Mie Goreng Jowo *versi minimalis bingit*

Bahan:
  1. Mie Telur, masak sebentar dengan air yang telah mendidih, tiriskan
  2. Minyak goreng
  3. Kecap manis 
  4. Udang, kupas dan bersihkan
  5. Wortel potong korek api
  6. Bawang putih
  7. Kemiri di sangrai
  8. Lada bubuk
  9. Gula dan garam
  10. Bawang merah goreng
  11. Seledri
Cara membuat:
  1. Mie telur yang telah masak dan ditiriskan, langsung dicampur dengan minyak 1 sdm. Campurkan pula 2-3 sdm kecap, campur hingga merata. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang putih dan kemiri yang telah disangrai.
  3. Tumis dengan minyak panas, bumbu yang telah dihaluskan tadi, hingga harum.
  4. Masukkan udang, masak hingga matang. Masukkan pula wortel, aduk hingga layu
  5. Tuangkan mie, dan masukkan semua bumbu. Aduk hingga rata. Cek rasa.
  6. Hidangkan dengan bawang merah goreng, irisan seledri, cabe dan acar timun

Catetanku:
  1. Setelah ditiriskan, mie emang diberi sedikit minyak. Tujuannya agar mie tetap terurai dan tidak menempel satu sama lain. Dan kecap sengaja ditambahin pas momen ini *jiaaaah momen*, agar bisa kecampur merata gitu.. Jadi kan ga grogi pas diatas kompor, dan takut keburu hangus *yang grogi barangkali cuma aku aja kaliiiiiiii*
  2. Kemiri disangrai dulu seblom dihaluskan, agar tidak ada aroma langu
  3. Versi asli memakai sayuran: taoge, irisan kol, sawi caisim... Dan untuk unsur hewaninya bisa pakai: suwiran daging ayam, dan potongan bakso. Naaah kebayangkan, mie goreng yang kubikin seminimalis apa? hehehehe

Selamat mencoba yaaaaaaaaa...^^

PS: maap proses ngedit potonya terlalu bersemangat... jadinya warnanya too much gini..^^
tabahkan hatimu ya pemirsaaaaaaaah... jangan kapok mampir kemarih...

Jumat, 26 September 2014

Bolu Kukus Mekar

Bolu Kukus Mekar, adalah bolu klasik yang begitu melegenda... 
*cieeeeeeeeeeeee melegenda, emangnya si Pitung?*
Jaman SMP dah pernah bikin sekali, dengan resep yang pakai sprite itu... 
Alhamdulillah, jadinya mekar berseri... Waktu itu sih kita pikir semua bolu kukus ya pasti mekar...
Ternyata, setelah gede, aku baru tau, ada juga bolu kukus yang direncanakan mekar alias ngakak, eh jadinya malah mingkem kaya abis kena kutukan hehehe 

     

Tapi taun kemaren, di dunia maya, rame juga tuh dibahas Bolu Kukus Gundul alias bolu kukus mingkem... Klo yg ini, emang sengaja dibikin gag mekar. Nah loh, bingung tho? ^^
Hehehehe semoga kapan2 bisa mraktekinnya ^^

Untuk resepnya aku dapet dari Fb, tapi maap aku lupa namanya sapa...
Aku cuma nyatet resepnya thok... *buat mba2 yang kemaren dah nge share resep ini di Fb, makasih yaaa sharing ilmunya, semoga berkah dan manfaat*

Bolu Kukus Mekar

Bahan:
  1. 2 telur ayam
  2. 200 gr gula pasir
  3. 1/2 sdt emulsifier
  4. 250 gr terigu protein sedang 
  5. 1 sdm susu bubuk 
  6. 1 sdt vanili bubuk
  7. 150 ml sprite
  8. pewarna / esens / meises secukupnya
Cara membuat:
  1. Ayak terigu, susu bubuk, dan vanili bubuk. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier dengan kecepatan tinggi hingga putih, kental dan berjejak.
  3. Masukkan sprite bergantian dengan campuran tepung, kocok dengan kecepatan rendah atau bisa juga diaduk pake sendok kayu.
  4. Campurkan esense / meises sesuai selera
  5. Tuang dalam cup kertas, kukus dalam kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya.
  6. Kukus sekitar 15 menit.

                                 

Catetanku:
  1. Masukkan cetakan dalam kukusan yang airnya telah mendidih. Jangan lupa lapisi bagian atas dandang dengan serbet bersih, agar air tidak menetes..
  2. Aku pake esense moka plus meises untuk campurannya. Menurut aku, bolu model kukus gini ko rawan ada bau amis ya. Makanya pemakaian esense sangat disarankan untuk menyamarkan bau amis..
  3. Dandang jangan dibuka2, hingga bolu kukus bener2 mateng sempurna...

Ssssssssst, biarpun sederhana, ternyata ada juga loh yang belum beruntung mendapatkan si bolu kukus nan mekrok kaya gini....
Daripada penasaran, segera dicoba yuuuuuuuuuk....^^

Minggu, 21 September 2014

Hot Chocolate

Di negeri 4 musim, hot chocolate lazim disajikan ketika musim dingin...
Sambil menerawang depan perapian, ngemil cookies plus minuman hangat ya hot chocolate ini...
*menghayal tingkat kecamatan*




Tapiiiii bukan berarti di negara tropis macam Indonesia, kita ga bisa dan ga boleh bikin hot chocolate loh yaaaa... Itung2 nanti persiapan kalo dateng musim penghujan, ini hot chocolate cocok dijadikan minuman hangat pas sore hari... *Sekarang dah pertengahan jelang akhir September, tapi hujan blom turun juga di Semarang. Bagaimana dengan cuaca di kota anda pemirsaaaah?*

Hot Chocolate
source: Sajian Sedap

Bahan:

  1. 400 ml susu *iing pake UHT*
  2. 15 gr coklat bubuk
  3. 1/4 sdt kayu manis bubuk *iing pake kayu manis batangan mungil*
  4. 65 gr gula pasir *iing pake 50 gr*
  5. 50 gr dark cooking chocolate,cincang kecil-kecil
Cara membuat:
  1. Campurkan susu, coklat bubuk, kayu manis, gula pasir. Rebus dengan api kecil, aduk2. Jaga jangan sampai susu pecah. 
  2. Masukkan cincangan dark cooking chocolate, aduk merata. Matikan kompor.
  3. Saring jika perlu. Sajikan selagi hangat.


Catetanku:
  1. Minuman ini kental dan nyoklat banget... Emang cocok diminum kala udara sedang dingin...
  2. Aku sih ga icip, wong ga suka blas minum susu. Tapi katanya mas, kemanisan. Saranku: mending jumlah gula pasir dikurangin aja ato malah diskip sekalian... 




Owiyah, hot chocolate ini spesial diublek untuk meramaikan monthly event Pawon Ibu bulan September ini: Coklat Ceria ^^
Selamat mencoba yaaaaaaaa.... 





Jumat, 19 September 2014

Cake Pisang



Jumat malem minggu lalu, dapet hibah 2 kardus berkatan nasi dari tetangga... 
Berhubung dah malem, nasi plus lauknya aku angetin buat sarapan hari Sabtu pagi... 
Dan sampe hari Senin, dua biji pisang yang dari kardus berkatan itu belom kemaem juga, sampe pada penyok ^^

Akhirnya hari Senen sore sepulang dari kerja plus setelah mbatalin puasa, aku ama anak-anak mbikin Cake Pisang ini.... Seneng banget, ga berasa capeknya, mungkin karena dah lama gag mbaking yaaa hehehehe 
Untuk resepnya aku nyontek dari Ibu Fatmah Bahalwan-NCC
Judul aslinya Bolu Gulung Pisang Ambon... Berhubung aku ga menggulungnya, maka judulnya aku ganti dengan Cake Pisang aja ^^

Cake Pisang (Bolu Gulung Pisang Ambon) *dengan sedikit modif*

Bahan A:
  1. 4 butir telur
  2. 80 gr palm sugar
  3. 20 gr gula pasir
  4. 1 sdt emulsifier *iing pake 1/2 sdt emulsifier
Bahan B:
  1. 80 gr tepung terigu
  2. 10 gr susu bubuk
  3. 10 gr  maizena
  4. 1 sdm bumbu spekoek *iing ga pake, stok di rumah lagi abis
Bahan C:
  1. 50 gr margarine, lelehkan
  2. 1 buah pisang ambon, haluskan *iing pake 2 buah pisang ambon, ukuran sedang
Bahan D:
  1. 4 sdm selai coklat *iing ga pake, karena ga pake teknik menggulung
Cara membuat:
  1. Campur dan ayak bahan B, sisihkan.
  2. Kocok bahan A dengan mixer kecepatan tinggi kental dan berjejak. Matikan mixer.
  3. Masukkan bahan B, sedikit demi sedikit. Gunakan spatula dan pakai teknik aduk balik.
  4. Setelah tercampur merata, masukkan pisang yang telah dihaluskan dan margarin.
  5. Oven dalam loyang yang telah dialasi kertas roti/dioles margarine dan ditaburi sedikit tepung terigu.
  6. Panggang hingga matang, lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
Catetan:
  1. Untuk mendapatkan aroma pisang yang khas, gunakan pisang ambon. Makin mlonyoh, makin sip hehehe Kiranya cocok jadi solusi untuk pisang yang dah berhari2 teronggok di meja makan ^^
  2. Gula palem, pisang dan bumbu spekoek adalah komposisi rasa, aroma yang mantap dan khas. Karena stok di rumah lagi ga ada aja, aku skip si bumbu spekoek. Tapi kalo ada, aku pribadi sukanya makenya dikit aja 1/2 hingga 1 sdt.
tekstur kuenya spongy dan beremah... cocok untuk teman minum teh dan kopi ^^


Ada sedikit cerita tentang si cangkir...
Cangkir ini lazim disebut Cangkir Batu oleh penduduk Batam, Tanjung Balai Karimun dan sekitarnya...
Cangkir ini biasa ditemui di kedai-kedai kopi yang memang erat dengan budaya ngopi setempat...

Aku sendiri mendapatkan hadiah set cangkir batu ini dari Bu Tutik -keluarga perantau dari Jawa yang akhirnya menetap di Tanjung Balai Karimun- waktu suami mo pindah balik ke Jawa...
Owiyah Bu Tutik yang dah paruh baya dan bersuamikan mualaf ini, adalah pemilik warung deket kantor mas ku ...
Setiap abis magriban di masjid, mas ku mampir warung keluarga ini untuk makan malam...

Terima kasih Bu Tutik, semoga Ibu dan keluarga selalu dalam lindungan Allah ya Bu...

Dan untuk anda, para pembaca setia Panci Baris, makachi yaaa dah mampir kemarih..
Happy baking ^^