Senin, 31 Desember 2012

Susu Kedelai



Semenjak putus hubungan dengan botol susu pas jaman lulus TK ampe sekarang, aku ga demen ama yang namanya susu . Dari susu sapi, kambing apalagi onta. Tapi aku suka produk turunannya macam keju... *nyengir*

Naaah yg kubahas kali ini adalah Susu Kedelai yang kondang juga dengan sebutan SuLe hehehe.. Klo susu kedelai, aku syuka banget.. Tiap hari di kantor langganan ni susu seplastik yang plain...^^

Resep kali ini didapet dari hasil jalan-jalan ke blognya mba Yulyan Parwati *maturnuwun yo mba untuk sharingnya*

Bahan:

200 gr kedelai, cuci bersih, rendam semalam 
200 gr gula pasir
1/2 sdt garam
3 lbr daun pandan
1 bh jahe ukuran besar, bakar, kupas dan geprak *optional*
3.5 lt air


Cara Membuat:

1. Cuci bersih kedelai yang telah direndam semalaman, tiriskan kembali.
2. Bagi kedelai menjadi dua bagian. Bagian pertama diblender dengan air ukuran 1000 ml, saring dengan saringan kassa. Lebih oke lagi klo pake saringan dari kaen *lebih efektif dan efisien*
3. Blender kembali ampas kedelai bagian pertama dengan air sebanyak 500 ml, saring kembali. Dan terakhir blender dengan air sebanyak 250 ml, saring.
4. Lakukan untuk bagian kedelai yang kedua, tahapan nomor 2 dan 3, hingga air habis.
5. Masukkan air perasan kedelai kedalam panci. Tambahkan daun pandan, jahe, gula pasir, dan garam. Masak diatas api sedang hingga mendidih.





Catetan:

1. Pastikan untuk terus mengaduk pas proses memasak di atas kompor *rawan pecah klo ga diaduk*
2. Pemakaian jahe, sifatnya optional, sekedar untuk menawarkan rasa 'lengur', klo ga pake juga tetep enak ko. Ato bisa juga ditambahin aneka essence macam pandan, coklat, stroberi, untuk slanjodnya dibungkusin pake plastik, dan dijual ke sekolah2 *otak dagang bekerja hehehe* Klo aku pribadi lebih suka yang plain, klo ga ya ceburin si jahe itu..

Gimana? Ga susyah kan mbikin Sule sendiri di rumah. Seblom posting ni resep, aku dah 4 kali praktek di rumah. Mo disajkan hangat ato dingin, sama enaknya! ^^



Hayuuuuk dicuba mbikin sendiri yuuuuuk..^^

Sus Gulung Isi Ragout Tenggiri

Sus Gulung ini kubuat khusus untuk menuhin Monthly Event Pawon Ibu bulan Desember: Roll Me Up...^^


Baru kali ini urusan ama gulung menggulung, rada grogi juga pas proses penggulungannya... Tapi klo ga da ME PI, mungkin aku ga bakal blajar gulung menggulung... Taunya aku cuma nggulung tikar, nggulung karpet dan nggulung kasur palembang depan tipi...^^

Resep aku dapet dari sajian sedap, dengan sedikit modif tentunya...
*karna aku ga pake tuna kaleng, tapi tenggiri kukus...*

Bahan Sus:

100 gram margarin
200 ml air
1/4 sendok teh garam
3 butir telur
100 gram tepung terigu protein sedang 



Bahan Ragout:


150 gram tenggiri, bersihkan, kukus
2 siung bawang putih, dicincang halus
1/4 buah bawang bombay, dicincang halus
125 ml air
150 gram wortel, dipotong kotak
3/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
3 sendok makan mayones
1 batang daun bawang, diiris halus
1 sendok makan margarin untuk menumis

Cara Pengolahan :
  1. Sus: rebus margarin, air, dan garam sampai mendidih.
  2. Masukkan tepung terigu. Aduk sampai kalis. Biarkan dingin. Tambahkan telur satu per satu sambil dikocok rata. Masukkan dalam kantung plastik segitiga.
  3. Semprot dengan spuit di loyang 22x22x4 cm yang dioles margarin. Oven 25 menit dengan suhu 200 derajat Celsius. *aku pake loyang 24x24x4, dan ku oven 35 menit dengan api bawah 200 derajat celcius*
  4. Tumisan: panaskan margarin. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Tambahkan tenggiri kukus. Aduk rata.
  5. Masukkan wortel, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai meresap. Tambahkan mayones dan daun bawang. Aduk rata.
  6. Oles sus dengan bahan isi. Gulung dan padatkan. 


proses nyepuit adonan ke loyang... *yang ngoles loyangnya si Ihsan loooh, my good boy*

...fresh from the oven...


Catetan:

1. Resep asli pake tuna, silakan langsung ceki2 di resep aslinya... Bisa juga klo mo diganti ma daging sapi ato ayam
2. Resep asli pake tepung utk isian, tp aku ga pake. Aku cukup pake mayones, untuk 'merekatkan'

Rasanya enaaaak loh sodara2, gurih khas ikan dipadu lembutnya mayones...
Maemnya pake sambel botol, truly yummy mbakyuuuuuu... ^^





Hayuuuk, dicoba bikin yuuuuuk....

Sabtu, 29 Desember 2012

Bubur Sumsum

Salah satu jenis bubur yang dah begitu melegenda...^^
Banyak dijual di pasar tradisional... Rasanya enak dan ternyata mbikinnya sendiri ga sulit loh...
Resep kucontek dari blog temen anggota Pawon Ibu yang saat ini sedang tinggal di Jepun,  Ummu Fatima  *makachi ya mba, untuk sharingnya*





Bahan bubur:
1. 100 gr tepung beras
2. 600 ml santan encer
3. 1/2 sdt garam
4. 1 lembar daun pandan, bikin simpul
Sirup gula merah :
1. 175 gr gula merah, potong kecil2
2. 50 gr gula pasir
3. 250 ml air
4. 1 lembar daun pandan, bikin simpul
5. Beberapa mata nangka, cuci, potong kecil-kecil

Cara :
  1. Campur semua bahan bubur (kecuali daun pandan), aduk rata hingga tepung beras dan santan tercampur sempurna. Masukkan daun pandan.
  2. Masak dengan api sedang sambil terus menerus diaduk agar bubur tidak menggumpal
  3. Setelah bubur meletup2, matikan api
  4. Masak semua bahan sirup gula merah, sampai mendidih. Angkat dan saring
  5. Tambahkan potongan nangka
  6. Sajikan bubur dengan sirup gula merahnya
Catetan :
1. Secara umum, ni bubur teksturnya cukup. Artinya ga terlalu encer juga ga terlalu kental. Tapiii, klo ingin bubur yang lebih encer, bisa ditambah volume santannya.
2. Jangan lupa utk terus mengaduk pas proses memasak bubur, agar bubur tidak menggumpal dan juga tidak mengerak di dasar panci
3. Bubur sumsum ini oke juga loh klo diberi pipilan jagung manis *ada sensasi kluthuk2 hihihi*
mmmm....potonya buram ya? ni poto diambil pas pagi mendung dengan tempo sesingkat-singkatnya seblom brangkat kerja^^


Hayuuk-hayuuuk, selamat mencuba di rumah...^^

Jumat, 28 Desember 2012

Sus Goreng Manis

Butuh camilan yang bahannya mudah didapet plus cepet bikinnya?
You may try this recipe, mbakyuuuu....





Pas abis ngelairin Muthi, aku sering bgt bikin ni kue...^^ Tentu bukan buat dimaem baby Muthi, tapi buat abangnya hihihi... Dan kue ini lebih ngetop di rumah dengan sebutan 'Muthi Ballen' hihihi gag nyambung yaa.. Resep awal dpt dr googling, dan stelah kubaca2 lebih cocoknya disebut 'Sus Goreng Manis'...^^ Brikod resepnya sodara2...

Bahan:

1. 50 gr margarin
2. 300 ml air
3. 1/2 sdt garam
4. 120 gr tepung protein sedang
5. 2 butir telur
6. kismis / sukade
7. minyak untuk menggoreng
8. gula halus untuk taburan

Cara Membuat:

1. Didihkan air bersama margarin & garam. Masukkan terigu, aduk sampe rata. Matikan kompor. Tunggu dingin.
2. Tambahkan telur satu persatu, sambil diaduk rata (klo perlu mixer bentar hingga tercampur)
3. Masukkan kismis / sukade, aduk rata.
4. Bentuk dengan 2 sendok teh, goreng dengan minyak sedang..
5. Sajikan dengan taburan gula halus...





Gimana ibu2, ga susaah kan?
Hayuk dicuba mbikin yuuuuuk....^^

Bolu Karamel / Bolu Sarang Semut

Termasuk kategori kue jadul...^^
Biasanya slalu mengorbit di setiap kardusan snack klo mantenan jaman dulu *utk nggantiin butter cake*
Klo aku pribadi lebih suka bolu karamel drpada butter cake...
Karna rasanya legit, dan teksturnya yg unik: bolong2 ky sarang tawon hihihi
Dan setelah menikah, aku baru tau lewat ibu mertua yang laer dan besar di Jakarta, klo tuh bolu karamel biasa disebut juga Bolu Sarang Semut *ooooowh, baru tau aku*




Resepnya nyontek dari blognya mba Ricke, nuhun ya teh, resepnya mantaaap...^^
Aku cm ngurangin ukuran soda kue jadi separuhnya..
Layak dicoba karna bahannya relatif mudah didapat, dan mbikinnya ga terlalu susah...
Bahkan di resepnya mba Ricke, ngaduknya cuma pake whisker. Klo aku aku biar cepet, tetep pake mixer *kecup mixer kesayangan*

Bahan:

(untuk sirup karamel)
1. 400 gr gula pasir
2. 400 ml air panas
3. 5 lbr daun jeruk purut, iris tipis
4. 2 lbr daun pandan, iris tipis

5. 5 telur
6. 120 gr terigu protein sedang
7. 150 ml susu kental manis yg putih
8. 150 gr margarin, lelehkan dan dinginkan
9. 1/2 sdm soda kue

Cara membuat:

1. Sirup karamel: Panaskan gula pasir di wajan dengan api kecil hingga kecoklatan (jaga jangan sampe gosong, nanti pahit). Tambahkan air panas. Naaaah ini bagian yang rada rawan, karna biasanya terjadi sdikit letupan2 mungil *ati2 tangan anda*
Biarkan hingga mendidih dan gula larut. Masukkan daun jeruk dan daun pandan. Masak hingga wangi. Angkat dan dinginkan. Saring dan buang daunnya. Takar 400 ml. Sisihkan.
2. Panaskan oven 180 derajat. Siapkan loyang tulban dengan diameter 22 cm, olesi dengan margarin tipis2...
3. Kocok telur hingga rata dan berbusa. Masukkan terigu sedikit demi sedikit secara bergantian dengan sirup karamel, sambil diaduk rata hingga licin. Saring bila perlu.
4. Masukkan susu kental manis dan margarin cair. Trakir, masukkan soda kue. Aduk hingga tercampur rata. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 45 menit.
5. Setelah matang, keluarkan dari loyang dan potong2..


karna loyangku kurang tinggi kali ya dan posisi rak oven rada miring, si bolu sempet meluber sebelah.. wkwkwk peyang deh^^


Catetan:

1. Adonan sangaaaat cair... Sempet terheran2, tapi ternyata emang begitu adanya sodara2... no need to worry hihihi
2. Klo ga suka ma aroma daun jeruk dan pandan bisa skip.. Dan klo males iris2 daunnya, , langsung aja cemplungin daunnya *hihihi gue banget*


Saat deg-degan adalah...ketika ngiris kuenya! Takut klo ga bolong2...
Alhamdulillah taraaaaaaaaa.... bolu sarang semutku bolong2 loh jeng!!!  *syenengnya*



Sore2 ngeteh sambil maem ni kue...nikmeh banget^^ Alhamdulillah...
Hayuk2 dicuba mbikin yuuuuuk....^^

Kamis, 20 Desember 2012

Blue Ice

Kata swami, margin keuntungan jualan minuman di warung / resto lebih gede daripada jualan makanan...^^ Hihihi ga salah siy analisanya...
Contohnya niy minuman... *lupa, label di menunya judule apa*  
Aku pernah bli di salah satu resto pizza. Harga sesuai banderol 13 rb *klo ga salah, dan excl. tax ya* Ternyata sodara2, klo kita bikin ndiri, harganya jauuuuuuuuuuh lebih murah... *ya iyalah, kita kan ga perlu repot blanja bahan, byr pegawe plus nyuci gelasnya wkwkwk* Eh tapi bneran, biarpun aslinya aku ga tlalu suka minuman soda, tapi jenis minuman ini layak dicoba untuk dibikin sdr di rumah... 


I do really love with the colour...^^ 
Seperti prinsip nyampur warna primer, klo ntar diaduk jadinya ijo... Isn't it lovely?^^


Ukurannya pake kira2 di dapurku, dan tentunya tergantung gedenya gelas yang dipake lah yaa... 

Bahan:

1. Minuman bersoda warna biru
2. Sirup squash yg lemon
3. Es batu
4. 1 sdm biji selasih yang sudah direndam air panas
5. beberapa sendok nata de coco *aku pake ukuran yg mungil2, kaya mutiara* 

Cara membuat:

1. Tuangkan sirup squash lemon secukupnya
2. Masukkan nata de coco
3. Masukkan es batu, susun sedemikian rupa, hingga lapisan atas 'tertutup' dengan es batu
4. Tuangkan air soda biru pelan2... Naaaah ini adalah bagian yg paling kritis. Karena jika terlalu bersemangat, warna birunya soda ama kuningnya sirup langsung nyampur seketika, dan jadinya ijo! ga misah kuning dan biru lagi... Jadi ati2 yaaa...
5. Menjelang puncak gelas, tambahkan es batu lagi... Sendokkan biji selasih...
6. Selesai...^^



Cukup syegeeeer utk dihidangin pas udara lg panas...
Dan berhubung sekarang musim penghujan, anggep aja latian bt nanti pas mbikin di musim kemarau hihihi^^ 



Selamat mencuba...^^

Sate Lilit Ayam

Blom pernah pergi ke Bali, tapi paling ga udah pernah makan n nyobain bikin sendiri satenya ^^
Juga blom pernah bikin sate..., dan langsung ngiler liat postingan temen2...^^
*kasian banget ya daku, sepertinya daku kurang pengalaman idup*
Maka dari pada ituuu, utk menambah pengalaman idup plus isian blog ini (^^), maka segera diubleklah Sate Lilit Ayam ini... 
Bahan-bahannya mudah didapet... Dan klo diliat, dari pnampakannya aja dah unik, pake serai sebagai tusuk satenya...^^




Karena anak-anak juga ikutan makan, maka sate lilit ini kubikin ga pedas sama sekali... makanya cabe merah keriting, kuganti dengan cabe teropong (cabe merah gede)^^

Sumber contekan: sajian sedap

Bahan:

1. 200 gram ayam giling (iing pake 300 gr)
2. 100 gram udang giling (iing ga pake)
3. 2 tangkai kucai, dipotong 1/2 cm (iing pake daun bawang yang dipotong-potong)
4. 1 sendok makan santan kental instan
5. 1/2 sendok teh garam
6. 1/2 sendok teh gula pasir
7. 2 sendok makan minyak untuk menumis
8. 11 batang serai untuk tusukan (iing pake 12 batang)

9. biar tambah sedep, kutambahin 1 lembar daun jeruk

Bumbu halus:

1. 3 buah cabai merah keriting (iing pake 1 buah cabai merah besar/cabe teropong, buang bijinya)
2. 2 siung bawang putih
3. 3 butir bawang merah
4. 1 cm kunyit, bakar
5. 1 butir kemiri, disangrai
6. 1/4 sendok teh ketumbar
7. 1/2 sendok teh terasi, dibakar

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus sampai harum. Angkat.
2. Masukkan ayam giling, udang giling, daun bawang,daun jeruk, garam, dan gula pasir. Aduk rata
3. Ambil sedikit adonan. Buat pentul di batang serai.
4. Bakar dalam pan yang sudah dipanaskan sampai matang dan harum.

Catetan:

1. Untuk bumbu yang keterangannya dibakar, aku sangrai aja di atas wajan
2. Bagian yang gampang-gampang susah adalah pas manggang di atas pan
*memastikan smua bagian sate sudah matang*





Alhamdulillah, swami dan anak2 seneng bgt... Dimakan bareng nasi putih anget, maknyuuuuuz deh
*waktu bumbu alusnya masih ditumis aja, swami dah bilang, "Bumbunya wangi beneeeer...^^*



hayuuuk, ibu2 marih dicobaaaaa...^^

Selasa, 11 Desember 2012

Fruit Pie


Blom bisa ngatur waktu yg ok, jadinya ya gini ini: ngublek2...ngedit2...upload2 hihihi
Naaah sekarang memasuki parade upload *nantikan barisan upload sodara2*

Kmaren pas swami pulang, sengaja aku buatin Fruit Pie alias Pie Buah, especially for him *cie uhuuuy*


Penampakannya dah lumayan cantik kan? *butuh pengakuan*
Rasanya juga enaaaak: crust-nya renyah, pake vla lembut, dengan topping buah segar...
Untuk bikin home made fruit pie ini, ga terlalu sulit ko, cuma emg perlu sedikit extra effort, karena ada beberapa step yg harus dilalui... Yaitu:
  1. bikin crust alias kulit pie
  2. lapisin kulit dalam pie dengan coklat leleh *fungsinya antara lain agar vla ga merembes ke dalam kulit pie, plus nambal yang bocor2*
  3. tuangin vla *tentunya setelah uap panasnya hilang* 
  4. setelah vla dingin, susun potongan buah
  5. siram dengan agar-agar bening, tunggu mengeras
  6. masukin kulkas. Setelah dingin, baru dipotong2
Hellooooo? ga keburu pingsaan gara2 mbaca step by step-nya kan?^^
Just do it, and you will get your own pie, made by your self *kompoooor*

...bisa juga dibentuk mini pie...


Resepnya aku dapet dari bu Iwan, tetangga sebelah rumah, yang jago bgt nge-baking. Bliou bagi ilmu per pie-an ini pas acara pertemuan dawis taun 2007 *dah lamaaa bgt*
Ijin share ya Bu, smoga berkah... Aku dah terlanjur cocok ma ni resep pie, dan brikod resepnya temans:

A. Bahan Kulit Pie:

1. 300 gr margarin
2. 100 gr gula halus
3. 1/2 sdt garam
4. 500 gr tepung terigu
5. 1 butir telur
6. 1 sdm air es

Cara membuat kulit pie:

1. Campurkan margarin, gula halus, terigu, garam dan air es dengan menggunakan pisau pastry *klo ga ada pisau pastry, bisa menggunakan 2 buah garpu*
2. Tambahkan kuning telur terlebih dulu, hinga tercampur rata...
3. Bila adonan kurang lembab, bisa ditambahkan putih telur sedikit demi sedikit...
4. Tutup dengan plastik, masukkan dalam kulkas sekitar 15 menit.
5. Adonan siap dibentuk dengan cetakan pie... *aku pake cetakan pie bongkar pasang*
6. Cara nyetak: giling adonan dengan roller pin hingga ketebalan yang diinginkan *klo aku, bikin untuk dasar loyang dulu, baru bikin utk kelilingnya, dan untuk bagian bawahnya kutambal dikit2*
7. Sebelom dipanggang, tusuk2 adonan pie dengan menggunakan garpu agar tidak menggembung
8. Masukkan dalam oven yang telah panas, panggang dgn suhu sekitar 180 deg C, sekitar 30 menit  *masing2 oven beda ya, kenalilah oven anda dengan baik^^*


B. Bahan lelehan coklat:

100 - 150 gr dark cooking chocolate (DCC)


Cara membuat lelehan cokelat:

1. Potong2 DCC, tim, hingga meleleh... (untuk melelehkan cokelat biasanya aku pake 2 panci. Panci dengan ukuran lebih kecil berada di bawah dan kuisi air utk didihkan. Panci dengan ukuran lebih besar ku pasang di atas utk melelehkan coklat. Dengan ukuran panci bawah yg lebih kecil, maka uap air tidak akan masuk ke dalam lelehan coklat. Karena uap air bisa menyebabkan coklat menjadi menggumpal. Syukur2 deh klo punya panci khusus bt ngetim coklat. tapi klo ga punya, caraku ini efektif looh...^^)  
2. Saputkan lelehan cokelat ke dasar dan dinding pie
3. Sbenere lelehan cokelat ini (selain memperkaya rasa) fungsinya juga untuk melapis kulit pie, agar tetap renyah dan tidak melempem terkena vla...

 

C. Bahan Vla:
1. 500 ml susu
2. 100 gr gula pasir
3. 50 gr maizena, encerkan dengan bagian susu secukupnya
4. 2 kuning telur kecil, kocok lepas
5. Vanili, klo suka

Cara membuat vla :

  1. Susu + gula + kuning telor yang sudah dikocok, didihkan.
  2. Masukkan larutan maizena  ke dalam rebusan nomor 1. Tambahkan vanili. Aduk cepat pake sendok kayu sampe meletup2.
  3. Matikan kompor, tunggu hilang uap panasnya, vla siap digunakan...

D. Bahan Pelapis Agar2:

1. 1 sdt bubuk agar-agar warna bening
2. 100 gr air


Cara membuat Pelapis Agar2: 

Didihkan semua bahan, siramkan diatas potongan buah sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok kecil.

Variasi topping buah bisa diganti sesuai selera... 
Bisa juga pake anggur, peach, buah naga...


Gimana...? hayuuuk dicoba yuuuk, ga susah ko mbuatnya...


Senin, 10 Desember 2012

CakeTape



Perkenalan pertama dengan dunia perkualian *secara khusus: perbakingan*, dimulai taun 2005, setelah melahirkan anak pertama. Hihihi telat banget yaaaa, tapi lebih baik telat daripada tidak sama skali *mencari pembenaran*

Berawal dari komporan temen di rumah dines, mba Yuni, yang jago ngebaking (makasih banget ya mba) akirnya stelah gaji ke-13 cair di bulan Juli, dibelilah hand mixer (sekarang nyesel kenapa dulu ga skalian bli satu set ama 'jagragnya'), oven tangkring, dan beberapa loyang ...

Khusus oven tangkring alias otang, aku beli di pasar johar lt. 2, dengan ukuran sedang...
Waktu itu aku beli dgn harga 55 rb, merknya 'Bima Sakti'... Setelah lumayan bnyak blajar perbakingan, baru tau kalo merk yg oke sebnere 'Bima' hihihihi..
Ya gpp lah, klopun pas saat itu aku tau merk Bima yg oke, aku juga blom mampu beli... *nyengir*

Bahan:

  1. 6 butir  telor ayam
  2. 250 gr terigu + 1 sdt baking powder + vanili secukupnya
  3. 250 gr gula pasir
  4. 250 gr margarine, dicairin yee?!
  5. 500 gr tape singkong yg udah diilangin sumbunya
Cara:


  1. Nyalakan oven, siapkan loyang (dioles margarin, taburi terigu biar  ga gosong)
  2. Telor ayam dan gula pasir  dikocok sampe mengembang (warnanya jd lebih terang)
  3. Tambahin terigu dan kawan-kawan
  4. Kalo udah kecampur, tambahin juga tape
  5. Terakhir tambahkan margarin cair, campur hingga merata
  6. Tuang ke loyang, masukkan ke oven yang udah panas
  7. Panggang ±30 s.d 45 menit, Panggang kue dengan api sedang


Catetan:

  1. Pilih tape yang manis. Peuyem  ok  juga..
  2. Telor sebaeknya dalam suhu kamar ( jgn dingin ) untuk memudahkan kue mengembang
  3. Kalo mo dikasi taburan parutan keju, adonan panggang dulu ±10 menit, baru ditaburin keju (tapi langsung ditabur diawal jg gpp, tp pake yg merk kraft *aku bukan sales yaa* biar ga gosong). Bisa juga ditaburin kismis ato almond...
  4. Untuk memudahkan pemanggangan,  sebaeknya pake loyang kecil (klo aku pakenya ½ ukuran folio alias loyang brownies...^^)

Pertama kali berhasil ngublek ini kue, terharuuuuu banget....
Wangi cake tape menyebar di rumah dinas kami yang mungil... It was so sweet...^^



Rasanya yang enak dan bahan yang mudah didapet, membuat cake tape ini menjelma menjadi kue andalan di rumahku, sering kubikin...^^
Dan resep ini sudah nyebar ke temen2, senengnyaaa...


Dan tiba2, keinget semboyan seorang temen : 'Singkong lembek...., tape deh...!'^^
Selamat mencuba...^^


Rabu, 28 November 2012

Puding Roti Almond Apel


Jika slama ini aku taunya puding yaa agar-agar atau jeli (yang termasuk keluarga puding dingin), maka wiken kmaren aku kenalan dengan keluarga si puding panas *salim dulu*
Mungkin disebut puding panas, karena bisa disajikan dalam keadaan panas *klo dihidangin dingin kaya es kynya malah ga enak deh* Biasanya dimatangkan dengan cara dipanggang, dikukus juga bisaaa... Pernah maem pis kopyor? Naaaah kyny yang akan kita uplek2 sekarang masih sepupuan ma pis kopyor, karna pake roti tawar gituuuu...
Untuk percobaan kali ini aku nyoba 1/2 resep...



Resep kucontek dari majalah Sedap edisi 3/XIII/2012, brikod detil resepnya:

Bahan:

1. 6 lembar roti tawar kupas, potong 2x2 cm
2. 3 butir telur
3. 2 kuning telur
4. 75 gr gula pasir
5. 1/4 sdt garam
6. 200 ml susu cair
7. 100 ml krim kental
8. 150 gr apel, kupas, potong empat bagian, potong-potong (karna ga punya pinggan besar, dan musti pake wadah mungil, maka apel kupotong2 kecil)
9. 50 gr kismis, potong-potong
10.100 gr almond flake



Cara membuat:

1. Tata sebagian roti di pinggan tahan panas. Sisihkan.
2. Kocok lepas telur, tambahkan gula pasir dan garam. Tuang susu cair dan krim kental sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
3. Letakkan potongan apel di atas roti hingga menutupiseluruh permukaan. taburkan kismis dan sebagian almond flake.
4. Tuang campuran susu cair dan telur. Tutup kembali dengan roti. Tuang campuran susu. Taburkan almond. Alasi bagian bawah pinggan dengan loyang yang diberi sedikit air.
5. Oven hingga matang dengan api bawah suhu 170 deg C selama 35 menit



Gimana? tertariiiiik...???
slamat mencubaaa^^

Selasa, 27 November 2012

Puding Cokelat

Dah lama pengen nyobain bikin puding cokelat yang nyoklat...^^
Tampilan sederhana dengan rasa yang lejaaaaaat...



Nah pas kebetulan di majalah Sedap Pemula mbahas dunia perpudingan...
Cucok beneeeer..^^
Pengen nyobain? dengan sedikit utak utik, brikod resepnya bundaaaa...

Bahan:

1. 150 gr dark cooking chocolate, potong-potong, tim hingga meleleh
2. 30 gr coklat bubuk, larutkan dengan 100 ml air panas, sisihkan
3. 2000 ml susu cair
4. 1/2 sdt cokelat pasta (iing ga pake)
5. 225 gr gula pasir
6. 2 bks agar2 bubuk (ga berwarna)
7. 1 bks jeli instan (ga berwarna)
8. 1/2 sdt garam

Cara:

1. Campurkan DCC yang telah ditim dan larutan coklat, saring *jgn pake saringan kasa ya, takutnya jebol*
2. Rebus susu cair, gula pasir, agar2, jeli dan garam. Aduk-aduk, hingga didihan pertama
3. Masukkan campuran nomor 1, aduk kembali hingga mendidih
4. Tuang adonan dalam loyang tulban diameter 24 cm. Biarkan membeku. *karna aku nyobain 1/2 resep, aku nyetaknya pake cetakan mungil 3 biji + 2 gelas puding*
5. Setelah uap panas hilang, masukkan dalam kulkas. Sajikan dingin...



Catetan:

1. Puding bisa disajikan dengan saus vla vanilla (aku ga bikin)
2. Brubung aku kurang suka susu, maka cara mendamaikan lidahku adalah menambahkan potongan buah (buah koktail kalengan). Dan ternyata uenaaak loh sodara-sodara....^^



Selamat mencuba...^^

Nasi Uduk Ubi Ungu

Masih dalam rangka pemberdayaan ubi ungu jilid tiga *bukan hanya trilogi pembangunan, yang pake trilogi^^* makaaaaa brikod adalah hasil percobaanku di bidang pernasi-udukkan *dwilogi nasi uduk setelah nasi uduk bayam hihihi*



Resepnya nyontek dari blog dapur hangus  (maturnuwun mba Ika buat sharing ilmunyaa), dan ada beberapa yang aku modif dikiiiiit... brikod resepnya sodara2...^^

Bahan :

1. 50 gr ubi ungu, kukus, haluskan
2. 150 gr beras
3. 1 sdm garam
4. 1 lembar daun salam
5. 300 ml santan dengan kekentalan sedang
6. 2 batang serai, ambil putihnya geprek

7. 2 butir cengkih

Cara:

1. Aduk dan didihkan santan, ubi ungu, dan semua bumbu.
2. Tambahkan beras, aduk kecilkan api kompor biar ga gampang gosong.
3. Setelah air mulai berkurang dan mulai meresap dalam beras, beras mulai membesar, plus kluar letupan2, maka matikan kompor, tetap tutup
4. Panaskan dandang hingga airnya mendidih.
5. Kukus nasi aron nomor 3 tadi dalam kukusan selama 30-45 menit, hingga matang...




Catetan:

1. Proses pemasakan bisa juga langsung pake magic com *tapi aku sendiri blom pnah nyobain*
2. Menurut aku pribadi, rasa dan aroma nasi uduk ubi ungu ini lebih enak dari nasi uduk bayam kmaren *mungkin nasi uduk bayam kmaren aku iseng nambahin kayu manis siy ya, aromanya jd terlalu tajam*

Meski padanannya lauk yang simple, tapi kata swami, anak2 dan mba Lastri (yang momong anak2) nasi uduk ungunya enaaaaaaaaak... Alhamdulillah, syeneeeeeeeeeng deh...^^

 karna kesulitan bikin udang yg tegak lurus, maka kukasi tusuk gigi *mekso dot kom*


Hihihi...sempet kepikir mbuka lapak nasi uduk ungu siy *wink*


Hayuk bundaaaaaa, marih dicubaaaaaa...^^

Senin, 26 November 2012

Katiri Mandi Ubi Ungu

Masih dalam rangka 'Pemberdayaan Ubi Ungu Hasil Beli Sekilo di Pasar yang Tumben2an Ada' dan hasil blogwalking ke blognya mba Hesti (makasih ya mba sharingnya) *hihihi bener2 blog paporit niy, bolak balik jadi jujugan*, maka diubleklah...tarrraaaaaaaaa 'Katiri Mandi Ubi Ungu' ^^


Apakah itu 'katiri'? Mungkin klo aku nyebut putri mandi, biji salak, jenang grendul, bubur candil dah kebayang yaaaa... Nah katiri ini mirip2 gitu deh... Si katiri ini asalnya dari Sulawesi, bahan utamanya tepung ketan, dibentuknya bukan kaya bola mungil2 gitu tapi lebih kaya 'tear drop 3 dimensi' *halaah* mmmm...bnere lebih mirip kaya pentungan mungil deh! *nah ini kyny lebih pas*

Tapiiiii, karna aku kesulitan mbikin pentungan mini gitu, akirnya kubentuk bola2 mungil persis bubur candil dan biji salak... Eh sesaat seblom nyemplung ke rebusan aer, isengku kumat, kutekan atu2 tuh bola pake fondant tools hihihi  jadinya ko malah kaya gempol *itu loh, salah satu minuman tradisional dr jawa tengahan*

...looks like gempol... *jadi pengen nyobain bikin gempol juga*


Adonannya aku pake adonan klepon ubi ungu...
Jadi separo aku bikin klepon, separo aku bikin katiri...^^
*tinggal yang atu diurap klapa parut, yang atu dicemplungin kuah santan hihihihi*
Tapi bagi bu ibu yang mo resep aslinya, brikod detilnya yaaa...

Bahan:

1. 150 gr tepung ketan putih
2. 100 gr ubi ungu kukus, dihaluskan
3. 1/4 sdt garam
4. 100 - 125 ml air (pokoke hingga adonan bisa dipulung)

Kuah:

1. 750 ml santan dari satu butir kelapa
2. 2 sdm tepung beras (larutkan dengan sedikit santan)
3. 125 gr gula pasir ataus sesuai selera
4. 2 lbr daun pandan, sobek dan ikat
5. 1/2 sdt garam

Cara Membuat:

1. untuk membuat bola ubi kukusnya, cara membuatnya persis kaya klepon ubi ungu yaa...
2. untuk kuahnya: masak santan, dengan gula, garam dan daun pandan. Sementara itu larutkan tepung beras dengan sedikit santan, aduk hingga rata. Masukkan ke dalam santan, masak hingga mendidih...
3. Masukkan bola ubi yang telah matang ( poin 1) ke dalam santan...
4. Hidangkan hangat...^^ 

baru nyadar klo Katiri-nya, kurang hurup 'i'....^^

*Nyamar jadi Farah Quinn duluuuu* This is it....: Katiri Ubi Ungu!!! ^^
Selamat mencubaaaaaaaaaa...

Kamis, 22 November 2012

Chicken and Corn Cream Soup


Ceritanya, si Ihsan, anakku yang mbarep dah lama pengen dibuatin ni cream soup..
Duluuuu, dah pernah bikin, tapi kurang oke.. Dan aku sendiri juga kurang suka, segala sesuatu yang berbau susu, brasa eneg gituuu... *hihihi kutukan sejak lulus TK*

Naaah, akirnya wiken kmaren (ngepasin waktu si mas pulang juga) diputusin untuk segera mengeksekusi si cream soup ini... *yihiii*

Resep nyontek majalah Sedap nomor 3/XIII/2012

Bahan:
1. 200 gr dada ayam, rebus, potong2 (iing tambahin 1 sosis, potong-potong)
2. 100 gr jagung manis pipil (iing pake: 1 bks jagung cream soup style-nya del monte)
3. 1 buah bawang bombay, cincang kasar
4. 2 sdm tepung terigu
5. 750 ml kaldu ayam (iing pake : 1000 ml kaldu ayam pejantan)
6. 200 ml cooking cream (iing pake: 150 ml cooking cream, yang 50 ml sisanya mo dipake masak yang laen hihihihi)
7. 1/2 sdm garam
8. 1/4 sdt merica bubuk
9. 1 sdm margarin utk menumis

Pelengkap :
- 2 lembar roti tawar, potong kecil, oven hingga kering (iing ga pake)
- 1 sdm keju parmesan (iing ga pake)
- 1 sdt peterseli cincang

Cara membuat:
1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum
2. Masukkan tepung terigu, aduk hingga bergumpal. Tambahkan kaldu ayam sedikit-sedikit sambil diaduk hingga kental
3. Tambahkan ayam, jagung, dan sosis. Aduk rata. Masukkan garam dan merica bubuk. Aduk rata. Tambahkan cooking cream, masak hingga mendidih...
4. Sajikan hangat dengan pelengkap *sluuuuurp*


...help help help... *peterseli nyaris tenggelam ^^*

Catetan:
- Pastikan ketika menumis tepung, tepung menjadi benar-benar matang... Soalnya klo ga mateng, berasa banget 'kementahannya'
- Mungkin karna aku banyak melakukan pengenceran (pengen yang light aja gitu alias takut eneg), maka teksturnya gag sekental yang diresepkan... jadiii, klo bu ibu pengen cream soup yang kental, coba patuhi resep yang ada ajaa ^^


            ...gerabah sapi di blakang aku beli pas awal2 kerja dulu, goceng di toko paporit Value$... memorable bgt^^ *eh sekarang tokonya masih ada ga siy?*


Btw, cream soup ini cocok disajikan hangat, palagi musim hujan gini...
Anak-anak juga suka lhoo... Hayuuuuk dicoba yuuuuk...^^

Klepon Ubi Ungu



Blom kenal Klepon? Itu loh si bulet2 warna hijau, dengan tekstur kenyal, dengan isian gula merah, taburan parutan kelapa kasar, dan sensasi 'mak cepluuus' ketika isian gulmernya meletus dalam mulut hihiihi... *klo blom kenal, ntar kukenalin di pasar deh ^^*

Si Klepon ini mudah sekali ditemuin di pastrad *baca: pasar tradisional*, biasanya doi ngetem bersama gank-nya yaitu cenil, lupis, ketan putih, ketan item, putu bumbung... *ngetik gini aja sambil cleguk deh aku hihihi* 
Klo tampil single fighter alias ga ma temen2nya, biasanya si klepon ini nongkrong dalam takir aliyas wadah mungil dari daun pisang yang dibentuk khusus.. *maap yaa, daku ga punya gambarnya*


...tea set tradisional dari gerabah ini dikasi temen yang abis dines luar (brapa taun yang lalu yak), dan aslinya merchandise klo beli teh.. karna jumlah terbatas, disuruh milih, mo teh ato tempatnya? seingetku, aku milih tea setnya dan bukan tehnya hihihi*


Naaah kali ini aku akan membahas klepon bukan yang hijooo, tapi yang unguuu...
*yak, fansnya grup ungu, fansnya si justin bieber silakan merapat*
Dapet contekannya dari blog mba Hesti (makasih banyak ya mba untuk sharingnyaaa)...



Brikod resepnya, sodara2...

Bahan:

1. 150 gr tepung ketan putih
2. 150 gr ubi kukus ungu, dihaluskan
3. sejumput garam halus
4. air secukupnya (hingga bisa dipulung)
5. gula merah (potong kecil untuk isian)
6. 1/2 biji kelapa, parut (kukus dengan sedikit garam dan daun pandan yang disimpul)

Cara:

1. Campur tepung ketan dan garam, aduk rata
2. Tambahkan ubi ungu kukus, uleni hingga tercampur, tambahkan air hingga bisa dipulung
3. Didihkan air dalam panci
4. Buat bulatan ubi ungu, beri isian gula merah. Langsung masukkan dalam air yang mendidih.
5. Jika bulatan mengapung, segera angkat (aku pake serokan^^), tiriskan..
6. Guling2kan dalam parutan kelapa^^



pssssst...lampu cempluk alias lampu teplok mungil berpita ungu di blakang souvenir dari mantenan loh, manfaat banget palagi klo pas mati listrik...^^

Gimana? Tertarik untuk mencoba sesuatu yang baruuuuuuuuuuu...???^^
Cobalah segera di dapur anda... *pesan bu Sisca*