Jumat, 30 Agustus 2013

Es Merah Delima


Yup...es merah delima!!!
Pertama kali kenal ni es ya di Hoka2 Bento, tepatnya duluuuuuuuu.... jaman keemasan pas mo masuk kuliah *maklum jaman duyuuu hokben blom buka cabang di Malang, jadi sayah baru bisa icip stelah menjejakkan kaki di ibukota^^ 

Tekstur biji delima yang kenyal plus sensasi kres-kres di tengahnya, membuatku sungguh penasaran *halah, lebay tingkat kelurahan*
Ternyata oh ternyata, bahannya sungguh sederhana... yaitu bengkoang! 
Slama ini (yang aku tau) bengkoang adalah salah satu buah wajib hadir dalam pesta rujakan plus jadi bahan dasar pembuat masker bengkoang tentunya :-D

Dan ternyata (lagi2 ternyata) ni minuman diadopsi dari negeri Thailand sono...
Biarpun blom pernah kesana, tapi paling ga, kan aku dah pernah nyobain plus bikin salah satu jenis minumannya he3x *garing kriuk kriuk*

Btw, slaen ngobatin rasa penasaran, es merah delima ini juga ku ublek dalam rangka menuhin setoran monthly event Pawon Ibu bulan ini yaitu Hidangan Bersantan. Katanya mba admin, pengertian hidangan disini ga mulu harus makanan, setor minuman juga boleeeeeh asalkan tetep pake santan!
Yihiiiiiii *lumpad dari kursi*

Es Merah Delima
source: NCC *dengan sedikit modif untuk ukuran*

Bahan Biji Merah Delima: 
  1. 500 gr bengkoang, kupas dan potong kotak kecil-kecil
  2. 250 gr sagu
  3. 250 ml air
  4. 175 gr gula pasir
  5. pewarna merah secukupnya 
  6. air untuk merebus, secukupnya
  7. air es untuk merendam, secukupnya 
Bahan Kuah Santan:
  1. 1100 ml santan
  2. 2 lbr daun pandan, bikin simpul
  3. 125 gr gula pasir
  4. 1/2 sdt garam

Cara Membuat Biji Merah Delima:
  1. Masak air dan gula hingga mendidih, masukkan bangkuang. Rebus selama 10 menit hingga kira-kira gula meresap.Matikan kompor.
  2. Tambahkan pewarna merah secukupnya, diamkan sekitar 20-30 menit. Tiriskan.
  3. Dalam plastik, masukkan beberapa sendok sagu dan bengkoang. Kocok hingga merata dan sagu menempel pada bengkoang.
  4. Rebus air hingga mendidih (boleh juga ditambahkan bekas rebusan air gula plus pewarna pada poin 1). Masukkan bengkoang yang telah bersalut sagu.
  5. Setelah biji delima mengambang, angkat dan segera masukkan ke dalam air es. 
  6. Biji delima siap dipergunakan
Cara Membuat Kuah Santan:
  1. Campus semua bahan menjadi satu.
  2. Rebus sambil terus diaduk, hingga didihan pertama
  3. Cara penyajian: ambil beberapa sendok biji delima dalam mangkuk/gelas, tuangkan kuah santan dan tambahkan es batu
 bengkoang dalam rendaman larutan gula dan pewarna

...potongan bengkoang sedang dilapisin ma sagu...

...si merah dan si putih...

Catetan:
  1. Resep diatas sedikit kumodif dengan alasan kepraktisan.. Misalnya aku ga pake sirup gula, tapi gula langsung kularutkan dalam santan saja. Versi asli, silakan langsung meluncur ke link di atas yaaa..
  2. Ketika biji delima mengambang, asliiiii tampangnya mencurigakan... Agak-agak putih benjol2 gitu. Tapiiiiiiii setelah dicemplungin air es, taraaaaaaaaa si delima brubah jadi cantik...
  3. Menurutku, sebaiknya ukuran potongan bengkoang jangan gede2 ya. Punyaku yang 1,5cm aja berasanya gendut bgt stelah terlapisi sagu... *pasang spanduk: small is beautiful*
  4. Ati2 pas ngaduk kuah santan... jangan disambi fesbukan, cetingan apalagi lari keliling lapangan... Kenapa why? Santan rawan pecah boss! Seperti nasibku kali ini : kuah santan yang kubikin pecah hiks *"Pecahkan saja santannya eh gelasnya! Biar ramaiiiiiiii....." balada emak2 yang dulunya penggemar AADC*

Rasanya enak syeger beti beti alias beda tipis ma yang versi asli...^^
Bedanya, klo mbikin sendiri anda bisa puas nikmatin nih minuman sepanci hihihihi
Poin ni minuman (klo  menurutku) sedikit terkurangin karna santan yang pecah... *jiaaa sapa yang mo kasi poin*
Tapi tak mengapa, setidaknya aku dapet ilmu baru : jangan pernah lalai dengan santan yang sedang anda masak di atas kompor. Waspadalah..waspadalah..waspadalah...
Dan brubung dah kejadian, mungkin menikmati segelas es merah delima sambil merem bisa jadi alternatif? :-P
Selamat mencoba.....^^

3 komentar:

  1. qiqiqiqiq.... Lucu baca poin 4 bab catetan....!!! Ngerasa gimannneeeee gituh.... Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. qiqiqiqiqi jugaaaaaaa....
      emang mba Lina ngerasa gimana tuh? sepertinya punya pengalaman pribadi ngedapur bersama fesbuk wkwkwk

      makasih ya mba, dah maen ke panci baris...^^

      Hapus