Minggu, 12 Januari 2014

Roti Goreng





Roti goreng (Jawa Timur) / bolang baling (Jawa Tengah) / odading (Jawa Barat) / kue bantal (Betawi)...
Mmmmm.. satu kue dengan beragam nama, menunjukkan betapa merakyatnya jenis kue ini...
Biasanya roti goreng ini dijual bersama sodara sepupunya yaitu cakue, di gerobak2 pinggir jalan di pagi hari...^^

Beberapa kali browsing nyari resepnya, salah satu bahan yang dipake adalah amonia. 
Meskipun yakin bahwa yang dimaksud amonia ini adalah jenis yang food grade dan bukan yang untuk bikin pupuk, tapi aku lebih mantep pilih resep yang ga pake amonia aja hehehe 
*klo ada yang pake amonia, aku tunggu reviewnya yaaaa*

Dan akhirnya, hari sabtu abis subuh kmaren, aku ublek lah si roti goreng ini...
*syemangaaaaaaaaaaaaaat*
 

Roti Goreng Polos
source: Sajian Sedap

Bahan:
  1. 200 gram tepung terigu protein tinggi *iing pake 250 gr*
  2. 50 gram tepung terigu protein sedang *iing ga pake, stok rumah lagi abis*
  3. 25 gram gula pasir 
  4. 1/2 sendok teh ragi instan 
  5. 10 gram susu bubuk 
  6. 1 butir telur 
  7. 125 ml air es 
  8. 20 gram margarin 
  9. 1/2 sendok teh garam 
  10. minyak padat untuk menggoreng  *iing pake minyak goreng biasa*

Bahan Taburan:

50 gram gula tepung
1 sendok teh kayumanis bubuk *iing ga pake*

Cara membuat:
  1. Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan susu bubuk. Aduk rata.
  2. Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  3. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit. Kempiskan adonan.
  4. Giling tipis. Potong 41/2x41/2 cm. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
  5. Goreng dalam minyak padat yang sudah dipanaskan sampai matang.
  6. Sajikan dengan bahan taburan.
Catetan:
  1. Untuk proses pengistiratan pertama, adonan aku diamkan selama 3 jam baru aku kempiskan. Kenapa 3 jam? hasil contek2 dari segala penjuru mata angin, agar fermentasinya lebih oke...^^
  2. aku motong adonan dengan ukuran 7cm x 4cm, dan setelah kupotong, adonan aku diamkan selama 15 menit, baru digoreng seperti biasa.
  3. Sebelom digoreng, potongan roti goreng bisa ditambahkan sedikit wijen.
  4. Beda ama roti goreng yang dijual, roti goreng homemade ini pake gula taburan aja... Klo pake gula yang langsung melekat, aku blom dapet resepnya hehehe plus untuk mengurangi resiko gosong juga sebenernya ^^

 ...setelah dipotong2, adonan aku diamkan 15 menit...

...fresh from wajan wkwkwk... bentuknya gag seragam ^^

...teksturnya lembut... 
tapi seratnya gag segede2 roti goreng yang dijual2...

Pulang sekolah, anakku yang yang bontot, langsung ngemil ni kue...
komennya: "Buk, bolang balingnya enak!!! eh tapi ko mirip donat ya rasanya???" *doweeeeeeeeeeeng*
namanya juga bolang baling alias roti goreng wanna be nduk.... ^^

Dan pagi ini, sambil nemenin aku mosting di blog, si nduk ngemil lagi sisa roti goreng dan kembali komen: "Buk, bolang baling buatannya ibuk, enak banget loooooooh..."
si ibuk pun tersenyum bahagia... *Alhamdulillah*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar