Jumat, 21 Juni 2013

Birthday Cake (Brownies Kukus Keju)



Banyak orang yang nanyain ke aku, "Trima pesenan kue ga jeng?"
Dan aku biasanya aku nyengir kuda *tapi tetep manis loh yaaa*, sambil mengeluarkan jurus ala mPok Minah di Bajaj Bajuri, "Maap Bu,saya belom brani nerima pesenan, masih blajaaaaaaaaaar ko, belum propesional... Maap yaaaa.. Tapi klo mo ngobrolin resep kue hayuuuuuuk saja. Sekali lagi maap....."   
*hitung dah brapa kali maap tuh*

Klopun akirnya aku pernah bikinin bosku di kantor lama dulu decorated tiramisu kukus dan di kantor baru ini decorated brownies kukus keju, itu karna temen2 di sekitarku begitu berbesar hati pasrah ma temennya yang baru blajar bikin kue ini . Bahkan saking pasrahnya, jenis kue ampe dekornyapun aku yang nentuin loh pemirsah ^^ *saatnya menikmati kekuasaan* Dan tentunya faktor nekad juga gag boleh diabaikan dalam proses pengublekan birthday cake ini *nah loooh*

Karna emang bukan profit oriented, aku hanya mengutip sejumlah biaya yang aku keluarkan untuk beli bahan-bahannya... Aku juga seneng siy dapet dana percobaan gretongan ^^ Cuma gimana2, tetep ada rasa senewen, ga pede. Bukan apa2, mungkin karna jam terbang yang kurang dan ga pernah ikut les perkuean ya, bikin kue kaya gini aja bikin tidurku ga pules berapa hari *duuuuuuh gimana kalo punya bakery ya? Bisa ronda tiap malem...^^ *

Untuk mengurangi resiko kegagalan dan juga mengurangi kadar dag dig dug dari yang bikin kue, aku hanya mau bikin kue yang dah pernah aku bikin  dan *menurutku* sukses...^^ Akirnya aku memilih Brownies Kukus Keju... Kalo mo liat resepnya, disini yaaa....
Karena memakai loyang diameter 26 cm, aku pake 3 resep. Dengan eksekusi masing2 kloter terdiri dari 1,5 resep...

...penampakan brownies kukus setelah matang dan setelah kuangin2kan di rak kawat 
(liat bekas guratannya)... 
Btw, untuk fillingnya, aku pake whip cream yang udah kukocok kaku, dan kucampur dengan parutan keju cheddar....


...brownies kukus keju siap dimake up....^^
sekeliling brownies, aku oles whipcream tipis, dan kutempeli lapisan coklat 
*aku pake cetakan coklat plastik yang bermotif *



sekeliling brownies aku hias pake whipcream dengan menggunakan spuit...
Untuk permukaan atas aku beri parutan keju, dan diatasnya lagi aku beri barisan strawberry melingkar... Psssst untuk ndapetin strawberry ini aku harus hunting ke-7 tempat loh... 
*asli salut untuk daya juang para bakul kue*
Dan karna aku blom tau jenis gelatine yang halal, maka aku pake jelly untuk efek kilap dari strawberry *sekaligus biar ga keriput, karna kadar air strawberry yang makin berkurang*
Untuk tulisan aku pake  white cooking chocolate yang udah dilelehkan, dan setelah beku, baru kutulisin diatasnya pake dark cooking chocolate yg sudah dilelehkan dan dimasukin ke dalam piping bag...


...belepotan wkwkwk... *laporan gag penting*
semua poto kue diatas, diambil pagi seblom aku brangkat kerja, cuaca mendung dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya...
ga perlu diragukan lagi, dari potonya kliatan klo aspret alias asal jepret...
 *sampe pada shaking smua hiks*

nah kalo yang ini coretanku request pak bos buat nggambarin rekan kerja satu seksi...
rada kagok, karna pas itu aku baru gabung 2 minggu di tempat yang baru...
hasilnya? mirip2 gambaran anak kelas 5 esde laaah ^^
dan senengnya, coretan ini sekarang dah dicetak di kaus kami...
yup, kami berdelapan punya kaus kebangsaan yipiiiiiiiiiiiiiie...


Berharapnya, postingan ini bisa mbantu bu ibu yang barangkali butuh inspirasi buat birthday cake...
Dan abis ini sepertinya aku bakal bergelut dengan alat coret2ku lagi *pensil, crayon, cat air, betapa aku merindukan kalian...*
Smoga manfaat yaaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar