Minggu, 30 Juni 2013

Sup Ceker Ayam


Ga ada ikan tenggiri *karna telat dateng ke pasar*, ga ada buntut *karna ternyata buntut itu mihil sumihil sodara2*, akirnya kmaren siang dibikinlah sup ceker ayam yang murah meriah ini ^^

Ga ada alternatif laen, musti upload hari ini, karna batas setor untuk monthly event Pawon Ibu pas jatuh hari ini *doweeeeeeeeeng*  Sebulan ini, sebenere dah berapa kali masak sup siy... Sup iga, sup tenggiri, sup ceker, sup wonton ampe sup sayur yang campur2 itu... Tapi ya gitu, ga sempet njepret dah keburu abis duluan ^^

Sup Ceker Ayam
source: Sajian Sedap *dengan sedikit modif*

Bahan:
  1. 500 gr ceker ayam, bersihkan dan cuci
  2. 2000 ml air
  3. 3 siung bawang putih utuh, goreng, haluskan
  4. 1 tangkai seledri buat simpul
  5. 1 buah wortel, kupas, iris dan rebus
  6. Seruas jahe, kupas dan memarkan
  7. Lada, pala, garam dan gula pasir secukupnya
  8. Bawang merah goreng untuk taburan
  9. Daun bawang, potong2 untuk taburan
Cara membuat:
  1. Rebus ceker ayam hingga matang. *untuk mempercepat proses ini, aku pakai panci presto* Ambil ceker dan tiriskan *air sisa rebusan ceker ga aku pake*
  2. Rebus kembali ceker ayam dengan 2000 ml air
  3. Setelah mendidih, masukkan bumbu-bumbu. Biarkan hingga meresap sempurna dan keluar aroma harum.
  4. Jangan lupa cek rasa.
  5. Hidangkan sup ceker ayam hangat-hangat, dengan potongan rebusan wortel dan taburan bawang merah goreng dan daun bawang


 pemberdayaan panci presto, kado dari teman2 di kantor lama...
uniknya, kompor gas inipun hadiah pernikahan dari kantor hubby 9 taun yang lalu...
alhamdulillah, gadget dapur yang manfaat banget bagi kami 

Catetan:
  1. Aku pake ceker ayam negeri biasa, yang menurutku 'lebih mudah empuk sekaligus banyak bagian yang bisa dikonsumsi'. Karena pake ayam negeri, air bekas rebusan yang pertama (pas mresto) ga aku pake *tau sendiri kan, ayam negeri dah banyak asupan kimianya* Mungkin beda crita kalo pake ayam kampung ya... Air sisa rebusan bisa langsung ikut dimasak... Itu klo aku loh yaaa...
  2. Resep asli ga pake jahe... Tapi percaya deh, tambahan jahe bikin ini sup lebih dahsyat...^^ Jangan lupa masukin keprekan jahe dan bumbu lain ketika rebusan ceker ayam dah benar2 mendidih ya. Biar 'langsung mateng'. Soalnya klo ga, bisa keluar aroma langu pada masakan...
  3. Setelah sup ini matang sempurna, biar kuah ga terlalu pedes karena keprekan jahe, buang keprekan jahenya yaa...
  4. Wortel sengaja aku rebus terpisah, agar tetep ada sensasi kres kresnya alias biar ga kematengan 
  5. Bisa ditambahkan jenis sayuran lain, sesuaikan aja dengan pesediaan kulkas... ^^




Sup ceker ayam ini enak banget kalo disantap hangat-hangat...
Anak-anakku juga seneng maemnya, mungkin karena empuk dan rasanya seger...
Buat yang lagi flu dan kurang fit, cocok juga loh untuk tambahan asupan gizi...

Masakan enak, ga harus ribed bikinnya dan mahal bahan-bahannya kan bu ibu....?
Sluuuuuuuuuuurp... slamat mencoba ^^

1 komentar:

  1. Salam kenal semua...


    Makan adalah urusan nomor satu, setiap hari manusia harus makan.

    Inilah peluang usaha yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha, termasuk Anda. Jika ingin mengembangkan sebuah usaha bisnis yang selalu dibutuhkan orang, maka kembangkanlah sebuah usaha Bisnis Kuliner.
    Bagi Anda yang saat ini sedang menekuni atau tertarik dengan Bisnis Kuliner terutama yang pengolahannya dengan dibakar / dipanggang, saya sarankan menggunakan Kompor Panggang Tanpa Asap.
    Kompor Panggang Tanpa Asap sangat berguna untuk membuat : Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sosis Bakar, Bakso Bakar, Jagung Bakar, Iga Bakar, Sate dan lain-lain.
    Kompor Panggang Tanpa Asap juga sangat menguntungkan bagi Pengusaha Kuliner yang akan melebarkan sayap baik dengan membuka cabang maupun me-waralabakan usahanya.

    Info Kontak :
    HP : 0857 8092 6000, 0813 9324 6000, 0878 0288 6000
    Pin BB. : 32696186, 31EAB8FB

    Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi :
    http://www.usaha-nyata.com

    BalasHapus