Kamis, 17 Juli 2014

Es Lilin Kacang Ijo


Wiken kmaren, di rumah lagi bikin kacang ijo, sengaja bikin banyak sekalian buat dibagi-bagi ke tetangga...
Eh ternyata masih juga bersisa... Akirnya aku masukin ke cetakan es, dan jadilah....tarraaaaaaaaaaaaa: 
Es Lilin Kacang Ijo!!! hehehehe es lilin abal-abal maksudnya... Tapi lumayan buat seger-segeran sepulang tarawih ^^

Adonan kacang ijonya sederhana aja... Persis kaya yang dibagi-bagi di posyandu ^^
Pake santan, gula merah yang disisir plus daun pandan yang dah disimpul... Dah pada ahli kan bikinnya?^^ Begitu gag panas, bisa langsung masuk cetakan dan simpan dalam freezer hingga beku...

Catetanku:
  1. Untuk mempercepat proses masak kacang ijonya, sebaiknya setelah dicuci bersih, kacang ijo direndam semaleman. Baru keesokan paginya dimasak... Pokoknya minimal kacang ijo direndam minimal 4 jam...
  2. Aku lebih suka kacang ijo yang empuk, sampe pada pecah-pecah gitu (ga tau deh vitaminnya dah keburu ngungsi ato blom tuh hehehehe). Klo mo kacang ijo yang empuk, kacang ijo dimasak cuma dengan air dan daun pandan yaaa... (bisa juga pake panci presto). Setelah sampe pada tingkat keempukan yang diinginkan (halah), baru tambahkan gula merah / gula pasir dan sedikit garam. 
  3. Setelah gula larut sempurna, baru masukkan santan. Klo aku suka santan yang encer... Berasa ringan dan gag eneg aja... Didihkan...
  4. Biar es yang dihasilkan lembut, sebenernya ada tambahan zat kimia semacam pengemulsi gitu... Tapi aku ga pake.. Sempet baca-baca, kabarnya maizena bisa melembutkan tekstur es. Minimal biar ga kaya lagi makan es batu laaah... Kapan-kapan aku pingin nyoba.. Ditunggu aja yaaaaaa ^^ 

...aku punya 2 macem cetakan es...
ada yang gepeng2 agak besar dan kalo yang ini cetakan es yang kurus-kurus...
kalo minat, banyak dijual di supermarket ko...
harganya sekitar 12 ribuan... 

semoga menginspirasi...^^

1 komentar: