Jumat, 28 Desember 2012

Bolu Karamel / Bolu Sarang Semut

Termasuk kategori kue jadul...^^
Biasanya slalu mengorbit di setiap kardusan snack klo mantenan jaman dulu *utk nggantiin butter cake*
Klo aku pribadi lebih suka bolu karamel drpada butter cake...
Karna rasanya legit, dan teksturnya yg unik: bolong2 ky sarang tawon hihihi
Dan setelah menikah, aku baru tau lewat ibu mertua yang laer dan besar di Jakarta, klo tuh bolu karamel biasa disebut juga Bolu Sarang Semut *ooooowh, baru tau aku*




Resepnya nyontek dari blognya mba Ricke, nuhun ya teh, resepnya mantaaap...^^
Aku cm ngurangin ukuran soda kue jadi separuhnya..
Layak dicoba karna bahannya relatif mudah didapat, dan mbikinnya ga terlalu susah...
Bahkan di resepnya mba Ricke, ngaduknya cuma pake whisker. Klo aku aku biar cepet, tetep pake mixer *kecup mixer kesayangan*

Bahan:

(untuk sirup karamel)
1. 400 gr gula pasir
2. 400 ml air panas
3. 5 lbr daun jeruk purut, iris tipis
4. 2 lbr daun pandan, iris tipis

5. 5 telur
6. 120 gr terigu protein sedang
7. 150 ml susu kental manis yg putih
8. 150 gr margarin, lelehkan dan dinginkan
9. 1/2 sdm soda kue

Cara membuat:

1. Sirup karamel: Panaskan gula pasir di wajan dengan api kecil hingga kecoklatan (jaga jangan sampe gosong, nanti pahit). Tambahkan air panas. Naaaah ini bagian yang rada rawan, karna biasanya terjadi sdikit letupan2 mungil *ati2 tangan anda*
Biarkan hingga mendidih dan gula larut. Masukkan daun jeruk dan daun pandan. Masak hingga wangi. Angkat dan dinginkan. Saring dan buang daunnya. Takar 400 ml. Sisihkan.
2. Panaskan oven 180 derajat. Siapkan loyang tulban dengan diameter 22 cm, olesi dengan margarin tipis2...
3. Kocok telur hingga rata dan berbusa. Masukkan terigu sedikit demi sedikit secara bergantian dengan sirup karamel, sambil diaduk rata hingga licin. Saring bila perlu.
4. Masukkan susu kental manis dan margarin cair. Trakir, masukkan soda kue. Aduk hingga tercampur rata. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 45 menit.
5. Setelah matang, keluarkan dari loyang dan potong2..


karna loyangku kurang tinggi kali ya dan posisi rak oven rada miring, si bolu sempet meluber sebelah.. wkwkwk peyang deh^^


Catetan:

1. Adonan sangaaaat cair... Sempet terheran2, tapi ternyata emang begitu adanya sodara2... no need to worry hihihi
2. Klo ga suka ma aroma daun jeruk dan pandan bisa skip.. Dan klo males iris2 daunnya, , langsung aja cemplungin daunnya *hihihi gue banget*


Saat deg-degan adalah...ketika ngiris kuenya! Takut klo ga bolong2...
Alhamdulillah taraaaaaaaaa.... bolu sarang semutku bolong2 loh jeng!!!  *syenengnya*



Sore2 ngeteh sambil maem ni kue...nikmeh banget^^ Alhamdulillah...
Hayuk2 dicuba mbikin yuuuuuk....^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar