Senin, 25 Maret 2013

Setup Lidah Buaya

"Uhuk...uhuk...", dari akir Februari ampe tengah Maret kmaren orang rumah pada kena batuk... Muteeeeeeeeer aja, dari anak-anak, aku ampe mba Lastri asisten kami di rumah... 
Minum obat bebas jelas udah, ke dokter juga udah, tapi blom ada tanda-tanda batuk mo ngungsi hiks
Qadarullah ya, semoga sakit ini menjadi penghapus dosa kami di masa lalu, amin...
Hasil jalan-jalan ke blog  mba Yulyan Parwati, akirnya nemu Setup Lidah Buaya yang konon bisa meringankan batuk yang berdahak.. Wiiii, apa salahnya dicoba...



 
Setup Lidah Buaya


Bahan:

1 batang lidah buaya
200 gr gula batu
600 ml air
1 batang serai.
4 lbr daun jeruk

Cara membuat:
  1. Kupas kulit lidah buaya, lalu potong dadu daging lidah buaya.
  2. Cuci dengan air mengalir hingga lendir lidah buaya hilang.
  3. Sirup: masak air bersama gula batu, serai, dan daun jeruk. Setelah mendidih sisihkan.
  4. Masak air lagi (bukan yang 600 ml tadi ya, beda lagi), setelah mendidih matikan api lalu masukkan lidah buaya dan biarkan beberapa menit. Setelah itu saring, tiriskan.
  5. Sajikan lidah buaya bersama sirupnya.
 
 ...calon setup...
 
 
 ...siap dinikmati...
 
Catetan :
  1. Aku sebenere rada bingung ama penyajiannya... Soalnya klo masukin potongan lidah buaya langsung ke sirupnya, ko rasanya manis banget yaaaa... *apa akunya yang kurang teliti baca resepnya* Akirnya aku menghidangkannya sebagai brikod: ambil beberapa sendok potongan lidah buaya dalam gelas, beri sirup secukupnya, tambahkan air matang. Aduk, langsung bisa dinikmati...
  2. Gimana rasa lidah buaya? pernah makan nata de coco kan? nah kira2 mirip itu lah, kenyil2 kalo orang Jawa bilang.. Tapi lidah buaya ini lebih lembut. Dan mungkin karna proses rumahan dan tanpa tambahan bahan kimia apapun, maka si lidah buaya ini tetap ada lendir2nya biarpun dikit... *lendir ini yang jadi obat*
  3. Jangan mendidihkan lidah buaya secara langsung ya... Mending air didihkan, matikan kompor, baru lidah buaya dimasukkan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko hilangnya khasiat si lidah buaya.. *berasa presentasi tukang obat di Pramuka*
  4. Bnere lidah buaya bukan kategori tanaman yang sulit untuk ditemukan, tapi klo emg di rumah ga ada, dan tetangga kiri kanan rumah juga ga punya taneman ini, maka supermaket adalah jawabannya *halah*
 

Sayang seribu sayang, anak-anak kurang suka... Mungkin ga familiar ma rasanya ya... Klo menurut aku padahal enak loh... Akirnya yang ngabisin aku ma mba Lastri he3x

Dan dalam rangka masih memaksimalkan ikhtiar mencari obat demi kesembuhan dari sakit batuk ini, anak-anak aku ajak ke laut. Kabarnya angin laut banyak mengandung mineral, plus berjemur sinar matahari pagi bisa meringankan sakit batuk, maka ahad pagi aku ajak anak-anak dan mba Lastri ke laut yang mungkin berjarak sekitar 20 km dari rumah... so here we go... yuhuuuuuuuuu....


...anak gadisku yang pemberani, begaya dia atas batu sambil maem biskuit... ^^


 ...setelah menghabiskan 2 porsi lontong opor, si Ihsan asik cari kecoak air... ^^


 ...ngasi makan rusa pake kangkung...
seiket kangkung kecil jadi 2 ribu klo di tempat keramean gini...
 
 
 ....hap, hap maem yang banyak ya rusa...

oke bu ibu dah dulu yaa... bacanya juga dah pegel kan? begitu pula tukang ketiknya he3x
slamat berjumpa lagi di postingan slanjodnya... Merdeka!!! ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar